Bupati Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan H Abdul Wahid HK mendukung warganya yang mencoba melakukan berbagai usaha mandiri memanfaatkan sumber daya lokal untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Usaha masyarakat yang mendapat perhatian dan dukungan Wahid yakni budidaya lebah madu Bahusutra di Desa Sungai Durait Hulu Kecamatan Babirik.

"Pemerintah akan membantu usaha budidaya lebah madu agar memperoleh kemudahan permodalan dari pinjaman Bank Kalsel," ujar Wahid di Amuntai belum lama ini.

Wahid mengatakan, potensi alam rawa yang dimiliki Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU)) cukup potensial untuk budidaya lebah madu.

Menurutnya, kebiasaan minum madu beanfaat menjaga kesehatan dan imunitas tubuh apalagi di saat Pandemi COVID-19. Wahid mengaku dirinya juga penyuka minum madu untuk menjaga stamina.
 
Bupati HSU H Abdul Wahid HK menyaksikan usaha budidaya madu oleh Kelompok Bahusutra di Desa Sungai Durait Hulu Kecamatan Babirik. (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

Pembina kelompok budi daya lebah madu Bahusutra Desa Sungai Durait Hulu Harun Nurrasyid menyambut gembira dukungan pemerintah daerah.

"Kami berharap pemerintah daerah bisa membantu untuk menyiapkan rumah produksi dan bibit tanaman untuk makan lebah agar bisa menghasilkan madu berkualitas," kata Harun.

Harun yakin, melalui budidaya lebah madu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat mengingat keberadaan madu asli cukup sulit ditemukan dipasaran serta manfaatnya bagi kesehatan.

Ia menjelaskan jika Bahusutra bukanlah nama jenis lebah madu, melainkan nama kelompok pembudidayanya.

"Bahusutra singkatan dari Babirik Hulu Sungai Utara yang beranggotakan 22 orang," katanya.

Seiring kunjungan Wahid bersama Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari dilokasi pembudidayaan lebah madu Bahusutra dilakukan panen perdana.

Turut serta menyaksikan dan ikut dalam kegiatan panen perdana tersebut  Kepala Bank Kalsel Cabang Amuntai, Camat, Kapolsek, Danramel Babirik serta Kepala Desa Sungai Durait Hulu.

Harun berharap, kehadiran Bupati dan Ketua DPRD dalam kegiatan panen perdana dapat mendorong kreativitas dan produktivitas masyarakat Kabupaten HSU dalam mengembangkan usaha dengan pemanfaatan potensi rawa yang dimiliki.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021