Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Polresta Banjarmasin akan menurunkan sebanyak 658 personel untuk mendukung keamanan dan kedamaian pada perayaan hari raya Natal 2014 bagi umat Kristiani sekaligus menyambut datangnya tahun baru 2015.


"Kita sudah menyiapkan dan menugaskan sedari sekarang sebanyak 658 personel kepolisian untuk pengamanan Natal dan menyambut tahun baru," ujar Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Wahyono, Selasa.

Saat ini, katanya, fokus pengamanan diarahkan pada perayaan hari raya Natal untuk pelaksana kegiatan umat Kristiani. "Khususnya tempat-tempat ibadah mereka," ucapnya.

Ia menerangkan, jumlah tempat ibadah umat Kristiani yang ada di Ibu Kota Kalsel ini sebanyak 21 buah. Setiap gereja atau tempat ibadah umat Kristiani akan dijaga sebanyak enam personel polisi.

"Setiap grup personel pengamanan di gereja diawasi oleh satu orang perwira polisi sebagai pengendali," paparnya.

Ia berharap, semua masyarakat ikut menjaga ketertiban dan kemananan selama pelaksanaan Hari Raya Natal 2014, sebagaimana yang sudah-sudah berjalan sangat damai. "Kita jaga kehidmatan dan kedamaian hari raya Natal yang dirayakan saudara-saudara kita umat Kristiani," pesannya.

Polisi, lanjutnya, selain melakukan penjagaan pengamanan di tempat-tempat ibadah di Kota ini, tidak hanya di Gerejua, juga menurunkan sejumlah personel untuk pengamanan di tempat keramaian lainnya.

"Apalagi menjelang tahun baru ini, semua tempat keramainan perlu lebih serius pengamanannya," ucapnya.

Ia mengatakan, pelabuhan Trisakti Banjarmain, juga terminal Km6, tempat-tempat sentral ekonomi atau pasar dan titik dimana nantinya terfokus kegiatan malam pergantian tahun menjadi fokus kemanan yang terus mereka lakukan.

"Saya kira, pihak kita di kemanan sudah sangat siap menyukseskan kemananan dan ketertiban Perayaan Hari Raya Natal 2014 dan perayaan menyambut tahun baru 2015," ujarnya.

  Untuk pengamanan dalam rangka Hari Raya Natal 2014 dan pergantian tahun baru 2015, juga mendapat bantuan teman-teman dari TNI, Dinas Perhubungan, serta Satuan Polisi Pamong Praja, demikian Wahyono.    

Pewarta: Sukarli

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014