Pandemi COVID-19 di Kabupaten Kotabaru kian menghawatirkan menyusul terus bertambahnya warga yang terpapar virus corona, terkini data yang dirilis Dinas Kesehatan setempat terjadi penambahan kasus positif baru 22 orang dan sembuh baru 2 orang.

Angka terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Kotabaru, hingga Ahad (24/1) total berjumlah 804 orang, sedangkan jumlah total pasien sembuh 684 orang dan meninggal 29 orang.

Bertambahnya jumlah yang terkonfirmasi positif diperkirakan akan meningkat menyusul masih tingginya angka suspek 76 orang sebagaimana data laporan pemantauan kasus COVID-19 yang dirilis Dinas Kesehatan Kotabaru.

Adapun pasien yang menjalani perawatan total 91 orang yang tersebar di beberapa tempat, yakni RS Stagen (tempat khusus karantina) 39 orang dan RSUD Pangeran Jaya Sumitra (PJS) Kotabaru berjumlah 16 orang.

Selain itu, pasien yang kini menjalani perawatan di RS H Andi Abdurrahman Noor Kabupaten Tanah Bumbu satu orang, dan yang menjalani isolasi mandiri sebanyak 35 orang.

Salah seorang pasien yang enggan disebebut nama dan kini menjalani karantina mandiri mengatakan, dirinya sudah menjalani isolasi secara mandiri sekitar sepekan terakhir, dan hingga kini kondisinya kian membaik.

"Padahal sejak terjadinya pandemi ini, saya dan keluarga serius menjalankan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker jika keluar rumah, sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan semprotan desinvektan setiap barang yang baru dibeli dari luar termasuk jika menerima paket barang," katanya.

Dijelaskannya, meski sebelumnya merasakan gejala ringan seperti batuk dan sakit tenggorokan, namun dalam masa karantina mandiri ia selalu mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi, suplemen, vitamin dan madu serta dibarengi olahraga ringan setiap hari, kini gejala tersebut sudah sirna.

Kendari semua gejala seperti batuk dan sakit tenggorokan sudah hilang, namun ia tetap akan menjalani karantina mandiri hingga hasil tes swab menunjukkan hasil negatif.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021