Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 42 wartawan dari beberapa media cetak dan elektronik di Kalimantan Selatan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan selama dua hari, mulai 17 Desember 2014. 


"Uji Kompetensi Wartawan (UKW) kali ini diikuti 42 wartawan dari beberapa media dan berlangsung di Gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel," kata Sekretaris PWI provinsi tersebut Zainal Helmi, di Banjarmasin, Rabu.

Wartawan senior koran Mata Banua itu menerangkan, pelaksanaan UKW selama dua hari dengan menghadirkan beberapa narasumber dari Pengurus PWI Pusat dan Dewan Pers.

"Kita berharap UKW dapat memberikan masukan dan pengalaman baru dalam menjalankan tugas jurnalistik bagi wartawan di Kalsel," ujarnya.

Ia menjelaskan, dari 42 wartawan yang mengikuti UKW tersebut, nantinya dibagi tiga tingkatan, yakni tingkat muda sebanyak 28 orang, madya 10, dan tingkat utama sebanyak empat orang.

"Dari tiga tingkat tersebut, tentunya semua peserta UKW diharapkan lulus semuanya," tegas Sekretaris PWI Kalsel dua periode itu.

Lebih lanjut dia mengemukakan, walaupun pelaksanaan UKW tiap tahun, namun penempatan daerah yang ditunjuk sangat tergantung dari Pengurus PWI Pusat.

Sementara salah satu Pengurus PWI Pusat, Uyun Ahdiat menjelaskan, dalam penilaian lulus atau tidaknya peserta UKW sangat tergantung dari peserta sendiri.

"Setelah dilakukan tes, maka peserta dapat mengetahui secara langsung nilai yang diberikan oleh penguji. Bahkan, dari kertas soal sudah ditentukan setuju atau tidak setujunya nilai yang diberikan penguji," terangnya.

Untuk itu, dia meminta kepada peserta yang merasa tidak sesuai dengan penilaian yang diberikan penguji bisa mengajukan keberatan dengan menandatangani di lebar jawaban tersebut.   

Pewarta: Arianto

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014