Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan Forkopimda memantau kondisi banjir di berbagai wilayah di provinsi ini dengan menggunakan helikopter milik BNPB dan Basarnas, Selasa (19/1).

Helikopter yang menerbangkan Gubernur Kalsel bersama Komandan Korem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah, Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Basarnas dan perwakilan BNPB pusat tersebut juga membawa berbagai bantuan kepada warga terdampak banjir,
   
“Tadi kita sudah melakukan pemantauan kondisi banjir terkini lewat udara sekaligus mengunjungi Barabai HST, di beberapa titik kita pantau ketinggian air sudah mulai menurun namun juga masih ada titik banjir,” kata Paman Birin usai lawatan di Bandara Syamsuddin Noor.

Adapun bantuan yang diserahkan selain bantuan logistik seribu paket sembako, juga bantuan perahu karet serta dana Rp 1 milyar untuk penanganan banjir di HST. Bantuan tersebut Rp 500 juta dari Pemerintah RI dan Rp 500 juta dari Pemprov Kalsel.

Gubernur dan Forkopimda dalam lawatan tersebut juga telah bertemu Bupati HST dan jajaran Muspida setempat untuk secepatnya memulihkan keadaan di HST.

Dalam keterangannya, Paman Birin juga menyampaikan telah mengantarkan bantuan logistik baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi Kalsel.

 “Kita sudah melakukan juga koordinasi dengan pemerintah di HST agar proses distribusi bantuan dapat berjalan dengan lancar dan segera dapat tersampaikan kepada masyarakat terdampak,” kata Paman Birin.

Gubernur saat ini juga terus memantau kondisi banjir untuk memastikan semua warga yang terjebak banjir bisa dievakuasi. Semua unsur pemprov sudah diperintahkan untuk berusaha semaksimal mungkin bisa membantu warga yang terdampak.

“Bagi warga yang belum tersentuh bantuan ulun mohon maaf kalau ulun secara pribadi belum bisa mendatangi pian. Tapi semua unsur dan jajaran pemprov sudah ulun arahkan untuk terus memantau dan memonitor warga yang perlu bantuan,” kata Paman Birin.

Danrem 101/Antasari Brigjen Firmansyah memastikan kondisi Barabai sekitarnya kini mulai  normal. Walaupun sebagian titik masih terjadi genangan air namun perekonomian masyarakat telah pulih.
 
SERAHKAN BANTUAN- Gubernur H Sahbirin Noor dan Forkopimda Kalsel menyerahkan bantuan kepada masyarakat terhadap banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang diterimakan Bupati HST HA Chairansyah, Selasa (19/1/2020). (Antaranews Kalsel/Istimewa)

“Tadi kita lihat langsung toko-toko sudah mulai buka memenuhi kebutuhan masyarakat, aktivitas perekonomian sudah mulai kembali, jadi jangan ada lagi hoax yang menyatakan Barabai lumpuh, Barabai mulai normal saat ini,” kata Firmansyah.

Sementara Ketua DPRD Kalsel H Supian HK mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penanganan banjir di Kalsel. “Tadi kita melihat bantuan personel dan logistik banyak berdatangan dari provinsi tetangga Kalteng dan Kaltim,” kata Supian.

Selain itu Supian juga mengucapkan terima kasih atas sinergitas dalam penanganan banjir baik pemerintah daerah maupun pusat. “Kepada pemerintah pusat kita ucapkan terima kasih atas bantuan dan atensinya, sekarang yang menjadi fokus adalah proses distribusi dan penanganan pasca banjir,” kata Supian.

Sementara Plt Kepala BPBD Kalsel Mujiyat mengatakan untuk penanganan pasca banjir masyarakat yang rumahnya mengalami rusak berat nanti akan diberikan tempat penginapan sementara atau di hotel. “Berdasarkan arahan BNPB, warga yang kehilangan tempat tinggal akan diinapkan di tempat penampungan seperti hotel,” kata Mujiyat.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021