Palang Merah Indonesia (PMI) Balangan bantu warga membersihkan rumah pascabanjir dengan menggunakan beberapa alat mesin penyedot air dan alat sederhana lainnya.

Salah seorang warga Paringin, Ferdy di Paringin Selasa mengatakan, saat ini banjir di daerahnya sudah lumayan surut, meski masih ada genangan air.

"Alhamdulilah, air kini sudah mulai surut, sehingga kami dan seluruh warga yang terdampak mulai memberishkan rumah dengan bergotong royong," katanya.

Ia mengaku dengan menggunakan mesin dan alat sederhana, dirinya dan warga lainnya telah kembali ke rumah sejak pagi untuk bersih-bersih.

"Kondisi dalam rumah yang penuh lumpur tebal menjadi penghambat dan sangat memakan waktu serta tenaga untuk membersihkannya," terangnya.

Koordinator Lapangan PMI Balangan, Hadrianor menyampaikan pihaknya dihubungi salah seorang warga disana untuk membantu proses bersih-bersih.

"Kami dihubungi warga setempat melalui Whatsapp, bahwa masyarakat di sana meminta bantuan kepada PMI Balangan untuk membersihkan rumah-rumah warga yang terdampak banjir," ujarnya.

Sebelumnya, dari pihak PMI sendiri memang berjanji akan membantu warga untuk membersihkan rumah jika air yang merendam telah surut.

Ia berharap dari bencana banjir ini ada hikmah yang dapat diambil serta para warga yang terdampak dapat beraktivitas normal kembali.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021