Badan Penanggulangan Bencana Dearah (BPBD) Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mengerahkan anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk membantu melakukan evakuasi korban banjir di Kabupaten Tanah Laut.

"Ini adalah sebagai wujud kepedulian kita antara Pemerintah Daerah Tanah Bumbu dengan Pemerintah Daerah Tanah Laut," Kata Kepala BPBD Tanah Bumbu Eryanto Rais, di Batulicin Sabtu.

Dia mengatakan, pemerintah daerah selalu berinergi dan saling bahu membahu dengan daerah lain yang ada di Kalimantan Selatan untuk kepentingan bersama.

Dijelaskannya, beberapa hari terahir beberapa daerah di Kalimantan Selatan terendam banjir.

Daerah yang cukup terdampak banjir yakni di kecamatan Bati-bati. bahkan beberapa fasilitas umum juga rusak akibat bencana tersebut.

Tim TRC dalam tugasnya membantu mengevakuasi korban banjir dengan perahu karet, selain itu juga mendirikan tenda pengungsian sebagai temopat tinggal sementara para korban banjir.

"Saat ini Tim TRC BPBD Tanah Bumbu sudah bergabung dengan Tim BPBD Tanah Laut. Dan koordinasi tetap kita jaga untuk mempermudah penanganan di lapangan," ujarnya.

Eryanto menegaskan bahwa, tugas ini adalah instruksi dan arahan Bupati Tanah Bumbu, H. Sudian Noor, maka BPBD Tanbu dengan cepat mengerahkan TRC untuk turut membantu evakuasi banjir.

"Untuk perkembangan informasi kami masih melakukan koordinasi dengan petugas di lapangan, berapa KK dan fasum yang terdampak banjir," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021