Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan sedang mencari bibit olahraga baru untuk mengikuti festival olahraga masyarakat di Kalimantan Timur pada September 2015.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Bidang Keolahragaan Disporbudpar Kalsel, Khairunisa di Banjarmasin, Rabu mengatakan, Disporbudpar upaya untuk mencari atlet binaan tersebut, antara lain dilakukan dengan menggelar Festival senam kebugaran jasmani atau SKJ 2012.

"Ke delapan atlet binaan tersebut akan kami persiapkan menuju festival olahraga masyarakat nasional II di Kalimantan Timur September 2015," katanya.

Festival SKJ 2012, kata dia, digelar di Hotel Kanca Jalan Zafri Zamzam Banjarmasin 24-25 November 2014 yang diikuti 11 kabupaten dan kota di Kalsel.

Dari sebelas tim tersebut, tambah dia, akan dipilih delapan atlet binaan terbaik, untuk digembleng, sehingga mampu memenangi FOMNAS II sebagaimana FOMNAS I di Semarang.

Pada FOMNAS I 2013 di Semarang, Kalsel mengikuti enam cabang olahraga kemasyarakatan dan membawa pulang tiga perak dan satu perunggu.

Pada FOMNAS II mendatang diharapkan Kalsel mampu meningkatkan perolehan medali. Untuk Cabang senam sebelumnya Kalsel hanya mengirimkan satu nomor, namun di FOMNAS II nanti akan mengirimkan empat nomor seperti poco-poco, SKJ 2012, senam lansia dan senam kreasi.

Selain menggelar SKJ 2012, Disporbudpar Kalsel juga menggelar festival senam Lansia pada 26 November 2014 di tempat yang sama, mempertandingkan dua nomor usia 45-55 tahun dan 56 tahun keatas secara tim yang terdiri dari 6 orang.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, kini sedang bekerja keras untuk terus memasyarakatkan olahraga, sebagai upaya membangun warga yang sehat dan kuat, sehingga memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Melalui olahraga, diharapkan, akan mampu meningkatkan usia harapan hidup, dan meningkatkan usia produktif warga Kalsel, sebagaimana yang terjadi di daerah lain.

Meningkatkan kemauan untuk olahraga tersebut, kini pemerintah telah memperbaiki dan membangun berbagai sarana dan prasarana yang lebih memadai, seperti lapangan olahraga stadion 17 Mei, yang kini juga hampir rampung.

Pewarta: Harry Murdi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014