Keberhasilan Zainal Fuad terpilih menjadi Duta Ekowisata Nasional 2020 mewakili Kalimantan Selatan ternyata tidak lepas dari peran Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Hulu Sungai Utara Hj Anisah Rasyidah Wahid.

Fuad menyebut sosok Anisah dibalik keberhasilan dirinya  meraih prestasi membanggakan tersebut karena dirinya memulai prestasi sejak menjadi Duta GenRe.

"Semua  berawal sewaktu saya menjadi Duta GenRe Kabupaten Hulu Sungai Utara, dimana Ibu Anisah Rasyidah memberi saya banyak kesempatan untuk berkecimpung dalam berbagai kegiatan serta memberi bantuan dan dukungan," ujar Zainal Fuad.

Zainal mengatakan, menjadi Duta GenRe membuka peluang bagi dirinya untuk terus berkembang dan menempa diri menjadi sosok Zainal seperti sekarang.

"Ibu Anisah selalu mendukung dan  mendorong untuk selalu melakukan yang terbaik sehingga keluar dari zona nyaman," katanya.
 
Ketua Dekranasda Hj Anisah Rasyidah Wahid bersama undangan berfoto bersama Duta Ekowisata Nasional 2020 Zainal Fuad di Mess Negara Dipa, Senin. (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

Zainal menceritakan, untuk bisa mencapai titik keberhasilan.ini di mulai pada Agustus kemarin dimana ada kegiatan wawancara via zoom dari pihak Provinsi Kalsel kemudian dari sana dirinya mendapat kepercayaan untuk mewakili Provinsi Kalimantan Selatan di ajang pemilihan putra-putri Ekowisata Indonesia 2020, " ungkap alumni Nanang Galuh HSU dan Duta Lingkungan Hidup ini.

Zainal terpilih menjadi Duta Ekowisata pada pemilihan tingkat Nasional di Denpasar bali pada 16-19 Desember 2020. Setelah tiba kembali ke Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) disambut pemkab setempat melalui acara ceremonial di Mess Negara Dipa pada Senin (21/12) malam.

Acara penyambutan dan ramah tamah dihadiri Anisah, Sekda H M Taufik, Ketua DPRD Almien Anshar Safari, Kepala Disporabudpar H Fajeri Ripani, Kepala Dispersip Hj Lailatanur Raudhah, Kabid Perindustrian Disperindagkop H.M Yani, Dirut Yayasan Rahim Bumi Farid Wajidi, perwakilan Kankemenan dan alumni Duta GenRe Kabupaten HSU.

Anisah dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada Zainal yang meraih juara 1 sebagai Duta Ekowisata Nasional 2020.
 
Acara ramah tamah menyambut kepulangan Duta Ekowisata Nasional Zainal Fuad di Mess Negara Dipa, Senin. (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

"Kita semua tentu berharap keberhasilan ini juga dapat mengangkat ekowisata yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara, utamanya tempat-tempat wisata yang dapat digali dan dikembangkan lagi agar dapat dikenal, baik untuk tingkat Kalimantan Selatan, nasional maupun internasional," kata Anisah.

Menurut Anisah, sebagi Duta Ekowisata Zainal Fuad tentu memiliki tugas dan tanggung jawab  yang besar untuk mengajak generasi muda peduli terhadap perkembangan ekowisata Indonesia terutama wisata yang berada di daerahnya.

"Diharapkan prestasi Zainal Fuad bisa memotivasi remaja di HSU dan semua pihak tetkait untuk mengembangkan potensi wisata sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tandasnya.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020