Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Ratusan siswa menyambut antusias saat mengijuti workshop Pewarta Foto Kalsel di salah satu ruang kelas SMKN 2 Banjarmasin.


"Kedatangan pewarta foto ke sekolah kami merupakan kegiatan yang sangat positif bagi siswa kami, selain menimba ilmu tentang fotografi juga mengenal foto-foto jurnalistik yang tidak semua orang bisa," kata Khairan, Ketua jurusan Broadcasting SMKN 2 Banjarmasin.

Peserta Workshop diberi pengetahuan tentang bagaimana menciptakan karya foto yang bagus dan teknik perangkat kamera. Dan ratusan siswa jurusan Broadcasting kelas X dan XI itu begitu antusias saat para jurnalis foto memperlihatkan karya fotonya dalam kegiatan Pewarta Foto Go To School, Sabtu (15/11).

Dalam kunjungan perdananya dari beberapa sekolah yang akan menjadi sasaran kegiatan Pewarta Foto Go To School tersebut, pewarta foto yang terdiri beberapa pewarta foto dari berbagai media di Banjarmasin ini juga berbagi sherring pengalaman foto-foto jurnalistik.

Ketua seksi Pewarta Foto Arifin Noor mengatakan, "Kegiatan Go To School merupakan agenda yang sudah direncanakan, materi pelatihan diberikan langsung oleh anggota seksi Pewarta Foto PWI Kalsel yang sudah terjun di bidangnya selama belasan tahun."

Materi workshop yang diberikan meliputi pengenalan foto jurnalistik, jurnalisme warga, aktivasi majalah dinding hingga diskusi foto.

Kegiatan Pewarta Foto Go To School bisa berkelanjutan, sehingga siswanya bisa sharring dalam informasi fotogarfi terlebih lagi tentang foto jurnalistik, saat ini kami sedikit sekali mengetahui tentang foto jurnalistik, terutama teknik, aturan dan bagai mana menciptakan foto jurnalistik tersebut," tambah Khairan.

Pewarta Foto Kalsel sebelumnya juga pernah menggelar kegiatan di bidang fotografi seperti workshop di sekolah-sekolah (2009), Lomba Foto Tata Ruang (2010), Lomba Foto Hari Jadi Kota Banjarmasin (2010), pameran foto Hari Pers Daerah di Kabupaten Tapin (2011), Lomba Foto Hari Bhayangkara (2012), Lomba Foto Banjarmasin (2013) dan Pameran foto hari Pers Kota Banjarmasin (2014) .

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014