Paringin, (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Resor Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat, menggelar pemeriksaan senjata api yang dimiliki anggotanya beserta surat izin membawa senjata api.


Pemeriksaan senjata api tersebut bertempat di halaman Markas Kepolisian Resort Balangan yang dipimpin Wakil Kepala Kepolisian Resort Balangan Kompol Iwan Wahyu Pramono dan Bagian Seksi Propam Polres Balangan.

Wakapolres Balangan Kompol Iwan Wahyu Pramono didampingi Kasubag Humas Polres Balangan Aipda Piktrus B mengatakan sebanyak 74 anggota pemegang senjata api selanjutnya diperiksa satu persatu.

"Pemeriksaan senjata api ini berkaitan dengan kelayakan senjata, kebersihan dan surat izin membawa senjata api apakah masih aktif atau tidak," ujarnya.

Menurut Iwan, pemeriksaan senjata api itu rutin digelar dengan maksud untuk mengetahui sejauh mana disiplin petugas dalam menjaga senjata api atau inventaris lembaga yang diamanahkan kepadanya.

Setelah dilakukan berbagai rangkaian pemeriksaan senjata api dan surat-menyuratnya, ditemukan sebanyak enam senjata api milik anggota yang surat menyuratnya sudah tidak berlaku lagi.

Dijelaskannya dari enam senjata api itu semuanya bermasalah dalam masa berlaku hasil tes psikologi personil yang bersangkutan, sehingga kata dia, enam anggota tersebut diwajibkan harus kembali mengikuti tes psikologi dari Tim Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan.

�Ke enam senjata api milik anggota tersebut akan ditarik dan diamankan oleh Kepolisian Resort Balangan hingga semua anggota tersebut lulus tes psikologi dan memiliki surat izin membawa senjata api yang berlaku,� jelasnya.

Pemeriksaan ini kata dia, guna menindaklanjuti arahan dari Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan dalam rangka meningkatkan peran dan kinerja Kepolisian di wilayah hukum Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan.

Sebelumnya, Kompol Iwan Wahyu Pramono baru saja bertugas dengan jabatan Wakapolres di Mapolres Balangan sejak Kamis (6/11), menggantikan Kompol Katamsyi yang kini bertugas di Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan.***1***



(T.KR-HLN/B/B015/B015) 14-11-2014 09:48:28

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014