Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor bersama istrinya Hj Raudatul Janah datang ke TPS 10 Kelurahan Antasan Besar, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Seperti yang lainnya, gubernur dan istri juga menjalani pemeriksaan suhu tubuh mengenakan sarung tangan saat akan mencoblos.

Usai mencoblos, gubernur dan istri diberi cairan tinta sebagai tanda sudah mencoblos.

Gubernur mengungkapkan, tak ada persiapan khusus ketika dirinya akan mencoblos, semuanya berjalan baisa dan apa adanya.

Dia juga mengungkapkan, pihaknya juga sudah membentuk tim perhitungan cepat atau quick count, untuk mengetahui hasil pelaksanaan Pilkada ini.

Sebagaimanan diketahui, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor kembali mencalonkan sebagai Calon Gubernur Kalsel melawan Deny Indrayana, pada Pilkada 2020 ini.

Warga Basirih Selatan, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mencoblos di bawah jembatan karena tempat pemungutan suara (TPS) 19 tersebut dibangun di bawah jembatan kembar yang ada di daerah tersebut.

Ketua TPS 19 Kelurahan Basirin Selatan atau biasa disebut daerah Pulo Biru Muhammad Yusuf di Banjarmasin Rabu mengatakanTPS ini didirikan di bawah jembatan, karena lokasinya yang cukup strategis, luas dan lebih hemat.
 
. (Antaranews Kalsel/Latif Thohir.)


Panitia, tambahya, tidak perlu membangun tenda, karena lokasi pemungutan suara sudah cukup melindungi masyarakat dari panas dan hujan.

Sebelumnya, tambahnya, lokasi tersebut juga dimanfaatkan untuk pemungutan suara pemilihan presiden.

Sementara itu, pemungutan suara pada pemilihan kepala daerah di Kalimantan Selatan berjalan aman dan lancar kendati kota Banjaramsin, sempat diguyur hujan cukup deras sesaat sebelum pelaksanaan pencoblosan.

Hampir seluruh TPS di Banajrmasin, juga menerapkan protokol kesehatan sebagaimana yang telah ditetapkan KPU Kalsel sebagai upaya memutus rantai penularan COVID-19.

Seperti di beberapa TPS yang ada di kota Banjarmasin, masyarakat yang datang untuk mencoblos harus tetap menerapkan protokol kesehatan, yaitu wajib mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Setiap pemilih yang datang pun diperiksa suhu tubuhnya juga diharuskan menggunakan sarung tangan yang telah disediakan petugas KPPS saat mencoblos.

Sementara pemungutan suara di TPS di beberapa kecamatan di Kota Banjarmasin berjalan lancar tertib dan aman serta tetap menerapkan protokol kesehatan.

Seperti di TPS kosong empat jalan Teluk Tiram Kelurahan Telawang Kecamatan Banjarmasin Barat dan TPS 26 komplek Wengga Jaya, Kelurahan Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020