Amuntai,  (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, berkomitmen untuk mengembangkan ruang terbuka hijau tidak hanya di ibu kota kabupaten namun hingga kekecamatan.


Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Wahid di Amuntai, Jumat mengatakan, bersyukur karena komitmen Pemerintah Kabupaten HSU pada 2014 ini mendapat dukungan dari pemerintah pusat.

Menurut Wahid, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Penataan Ruang yang memasukan Kabupaten HSU bersama 29 kota/kabupaten di Indonesia dalam Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) tahap kedua.

"Alhamdulillah, HSU terpilih bersama 29 kota lainnya masuk dalam program pengembangan kota hijau semoga semakin mendorong Pemerintah Daerah dalam mengembangkan kawasan ruang terbuka hijau," katanya.

Wahid yang ikut pada penandatanganan piagam komitmen pengembangan kota hijau di ruang serba guna Gedung Kementerian Pekerjaan Umum bersama 29 walikota dan bupati di Jakarta, Kamis ( 6/11).

Ia mengatakan, jika Pemerintah Daerah HSU sebenarnya sudah menganggarkan P2KH pada 2014 untuk pengadaan lahan, bagi pembangunan ruang terbuka hijau dibeberapa kecamatan masing-masing sebesar Rp100 juta.

"Semoga dana pengadaan lahan ini bisa menjadi awal bagi pengembangan ruang terbuka hijau dikecamatan," kata Wahid.

Wahid yakin adanya ruang terbuka hijau di tengah masyarakat akan membangun kebersamaan dan menunjang suasana kondusif.

"Masyarakat memiliki tempat berkumpul bersama keluarga dan warga lainnya dalam suasana yang sejuk dan nyaman sehingga memunculkan rasa kebersamaan," tuturnya.

Adanya ruang terbuka hijau, lanjut dia juga mendorong masyarakat berolahraga seperti olahraga lari, catur dan sebagainya.

Dikatakan Wahid jika Pemda HSU sebenarnya sudah sejak dua tahun terakhir mengkondisikan sejumlah kawasan di seputar Kota Amuntai, yang mengarah pada pengembangkan ruang terbuka hijau ini seperti Lapangan Pahlawan Amuntai dan Taman Puteri Junjung Buih.

Seperti di seputar kawasan Jalan Basuki Rahmat setiap minggu diberlakukan kawasan hari bebas kendaraan (car free day).

Dalam waktu tidak lama di lokasi Taman Puteri Junjung Buih, juga akan dipasang fasilitas "wifi" agar muda-mudi khususnya bisa menikmati layanan internet gratis.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014