Bupati HST H A Chairansyah buka secara resmi kegiatan Asistensi Implementasi SAKIP sekaligus Penyerahan Laporan tindak lanjut atas hasil Evaluasi SAKIP Pemkab HST Tahun 2020 di Kantor Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Kalsel, Jakarta Pusat , Sabtu.

Asisten Administrasi Umum Pemkab HST, H Ehwan Rijani selaku panitia penyelenggara menyampaikan, tujuan dilaksanakan kegiatan itu adalah untuk mewujudkan kesamaan persepsi mengenai penerapan SAKIP di lingkungan Pemkab HST dan mendapatkan saran perbaikan dari Kementerian PANRB dalam rangka perbaikan implementasi SAKIP.

Sehingga dapat mengambil langkah-langkah strategis dalam upaya meningkatkan nilai SAKIP pada Pemkab HST.

Dalam sambutannya, Bupati HST H A Chairansyah menyampaikan hasil evaluasi SAKIP merupakan salah satu upaya membangun sistem manajemen pemerintahan yang berfokus pada peningkatan akuntabilitas sekaligus peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil (outcame) sesuai dengan Perpres nomor 29 Tahun 2014 tentang akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah.

"Laporan ini merupakan upaya dalam memenuhi target pencapaian RPJMD Tahun 2016 - 2021 dimana menunjukkan komitmen Pimpinan dalam implementasi SAKIP di daerah sekaligus asistensi penerapan SAKIP di HST dalam rangka menuju arah perbaikan ke depannya.

Selanjutnya Chairansyah mengharapkan melalui kegiatan ini dapat memicu spirit dalam melaksanakan tugas yang berkualitas dan dapat mendorong pencapaian target visi misi Kabupaten HST, kegiatan ini merupakan bentuk reward atas pencapaian kinerja yang diperoleh melalui hasil evaluasi AKIP OPD.

Dari hasil evaluasi AKIP kabupaten HST Tahun 2019 mengalami peningkatan dibanding Tahun 2018, hasil evaluasi AKIP Tahun 2019 yang diterima di Bali pada tanggal 27 Januari 2020, HST mendapat nila 63,9 dengan kategori B meningkat dibanding nilai pada Tahun 2018 yaitu 57,87 dengan kategori CC, hasil yang diraih merupakan peran dan komitmen kita semua serta sinergitas seluruh perangkat Daerah.

"Tentunya menjadi harapan kita bersama bahwa penerapan SAKIP pada Pemerintah Kab HST akan mengalami perbaikan dari Tahun keTahun yang ditandai salah satunya dengan peningkatan nilai hasil evaluasi," katanya.

Menurutnya lagi, semua dapat meningkatkan komitmen untuk lebih serius lagi dalam memenuhi unsur-unsur formalitas atau pemenuhan dokumen dan ketentuan lainya.

kdchys6 Serta meningkatkan kualitas perencanaan penganggaran dengan memastikan sasaran strategis 

"Mari terus melaksanakan perbaikan dan penyempurnaan baik dari segi instrumen sistem AKIP maupun pemahaman yang mendalam  oleh aparatur pelaksana terkait dengan pelaksanaan reformasi birokrasi sehingga kita dapat menunjukkan hasil yang lebih baik dalam sistem manajemen penyelenggaraan pemerintahan, sehingga masyarakat dapat merasakan fungsi pemerintahan baik dalam bentuk pelayanan maupun dorongan dalam pembinaan kemasyarakatan." tutup Bupati

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020