Dalam upaya mendukung Pemerintah Kabupaten Tabalong pada program Clean up Tabalong Day (CUTD) 2020, Bank Sampah Jangkung Hijau siap menampung sampah yang telah dikumpulkan masyarakat, baik perorangan, kelompok serta instansi.

“Kami melakukan penimbangan satu kali seminggu karena tingginya antusias masyarakat dalam menabung sampah," jelas Ketua Bank Sampah Jangkung Hijau, Sulastri.

Para pengelola bank sampah pun selalu siap siaga bila ada masyarakat yang ingin menabung sampah di luar jadwal.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Dua hari terakhir hampir 650 kilogram sampah yang disetorkan satu bukti tingginya partisipasi masyarakat mendukung CUTD 2020 guna menciptakan lingkungan bersih dan sehat.

“Sejumlah instansi secara rutin menyalurkan sampahnya seperti Badan Kesbangpol, Bappeda, kelurahan, Babinsa dan Bank Kalsel," ujar Sulastri.

Lebih lanjut Ia menjelaskan sampah didominasi kertas bekas, kardus dan botol.

Terletak di Kelurahan Jangkung Kabupten Tabalong Bank sampah yang diinisasi Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) ini menunjukkan perkembangan yang cukup baik dari segi penambahan nasabah maupun dari jumlah sampah yang dikelola.

Hal ini karena komitmen pengurus bank sampah yang tinggi dan gencarnya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat melalui kerjasama dengan Asosiasi Bank Sampah Tabalong (ABSTA). Kegitan ini juga sangat didukung oleh pihak kelurahan.

“Kita berharap bank sampah ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar karena memberi pengaruh positif dari aspek lingkungan sampai ekonomi," ungkap Lurah Jangkung Jahyani.

Semoga dengan langkah ini bisa membuat masyarakat bijak mengelola sampah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

 CUTD 2020, Bersama Wujudkan Tabalong Tangguh dan Terdepan.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020