Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kandangan, Jeremia Leonta, menyampaikan Rutan Kandangan menjadi cluster terbaru dengan dinyatakannya 42 kasus terkonfirmasi positif COVID-19.

Ia mengatakan, ini diketahui berdasarkan hasil tes swab terbaru sudah dilakukan dengan pemeriksaan dari jumlah warga binaan di Rutan Kelas II B Kandangan sebanyak 259 orang.

"Ada 39 orang terdiri dari 37 narapidana dan satu orang tahanan dinyatakan positif COVID-19 dan selain warga binaan, juga ada tiga petugas Rutan Kelas II B Kandangan yang terkonfirmasi positif," katanya, dalam keterangan, Selasa (24/11) kemarin.

Baca juga: Antisipasi virus Corona, 17 napi Rutan Kandangan hari ini dibebaskan

Dijelaskan dia, warga binaan positif COVID-19 yang menjadi cluster baru di Rutan II B Kandangan merupakan orang tanpa gejala (OTG), dan 39 warga binaan yang positif, diisolasi di tiga kamar yang sudah dipisahkan dengan warga binaan negatif.

Sedangkan tiga orang petugas yang positif saat ini sudah di rawat dan dikarantina dai dua tempat berbeda. Dua orang petugas dirawat di RSUD Brigjen H Hassan Basry Kandangan, sementara satu orang lainnya dikarantina di bangunan eks RSUD Brigjen H Hassan Basry Kandangan.

Pihaknya masih menyelusuri dan memetakan sumber awal masuknya COVID-19 ke Rutan, apakah dari petugas sendiri atau dari makanan titipan yang diberikan keluarga warga binaan.

"Maka karena adanya kasus konfirmasi positif ini maka kami sementara tidak menerima tahanan baru masuk ke rutan, termasuk ada sembilan orang tahanan di Polres HSS belum bisa dimasukkan ke rutan," katanya.

Baca juga: Warga binaan Rutan Kandangan kerjakan ratusan pesanan masker

Adapun makanan titipan dari keluarga warga binaan sementara juga tidak diperbolehkan sampai menunggu 15 hari ke depan, dan untuk suasana lingkungan Rutan ini tetap aman dan kondusif.

Dan mencegah penyebaran pandemik COVID-19, jajaran Rutan Kandangan telah melakukan protokol kesehatan, dari menyediakan tempat cuci tangan pakai sabun sampai ruang penyemprotan disinfektan sebelum masuk ke rutan sesuai surat edaran Kemensos, dan Satgas COVID-19 penerapan protokol kesehatan.

Diketahui hingga Selasa (24/11) siang sekitar pukul 15.00 Wita, dalam laman https://corona.hulusungaiselatankab.go.id/, total kasus COVID-19 ada sebanyak 549 orang, sudah sembuh 456 orang, dirawat 58 orang, meninggal 35 orang dan suspect atau diduga COVID-19 sebanyak tiga orang.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020