Bupati HST H A Chairansyah hadiri dan buka secara resmi Pertunjukan Virtual Seni Rakyat Tradisional dengan tema Maharagu Seni Budaya Bahari di Wayah Pandemi bertempat di Gedung Murakata Barabai, Senin (23/11).

Kepala Dinas Kominfo HST Edina Fitria Rahman selaku Panitia penyelenggara menyampaikan, tujuan pelaksanaan adalah untuk membangun pemahaman, kepercayaan dan partisipasi publik untuk bersama-sama mewujudkan kesehatan pulih ekonomi bangkit serta
untuk menyampaikan berbagai bentuk informasi guna membangun pemahaman yang benar dan kepercayaan pada upaya penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

"Peseta virtual pertunjukan tradisional di Kabupaten HST adalah Sanggar Seni Asam Rimbun dari kecamatan LAS. Sedangkan sumber dana pelaksanaan kegiatan dari Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) serta Kominfo RI tahun anggaran 2020," katanya.

Selanjutnya Bupati HST H A Chairansyah dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) kementrian kominfo RI, Pegiat Seni dan Diskominfo Kabupaten  HST atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Pertunjukan virtual kesenian tradisional yang disaksikan adalah pertunjukan dari sanggar seni Asam Rimbun Pantai Hambawang yang berupa kesenian wayang orang yang menampilkan cerita dengan tema Maharagu Budaya Seni Bahari di wilayah pandemi.

"Semoga kegiatan ini dapat memberikan informasi edukasi kepada masyarakat dan mengajak partisipasi publik untuk membangun rasa optimisme dan semangat untuk tetap produktif dalam masa pandemi serta kita bersama-sama untuk mewujudkan pulih dan bangkitnya ekonomi di masyarakat," kata Bupati.

Diakhir sambutannya, Ia mengharapkan kegiatan itu semakin memperkuat tekat dan komitmen kita untuk selalu memelihara kesenian daerah dan menjadikan seni menjadi jati diri dan kepribadian dalam menghadapi tantangan zaman.

Acara juga dilanjutkan dengan diskusi singkat oleh Satgas COVID-19 HST, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata HST serta perwakilan pegiat seni tradisional di HST.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020