Irjen Pol Nico Afinta meninggalkan Polda Kalsel dengan kepala tegak seiring torehan prestasi yang diraihnya selama memimpin sebagai Kapolda Kalsel yang cukup singkat hanya enam bulan.

"Saya yakin Pak Nico karirnya semakin cemerlang di Jawa Timur dan mampu membuat Jatim lebih baik lagi sebagaimana yang telah dilakukannya di Polda Kalsel," ucap Kapolda Kalimantan Selatan yang baru Irjen Pol Rikwanto di Banjarmasin, Senin.

Menurut Rikwanto, pendahulunya itu telah berhasil menambah nilai bagi Polda Kalsel meski menjabat dalam periode terbilang singkat.

"Mohon doa dan dukungan seluruh personel Polda Kalsel untuk saya mewujudkan apa yang belum terwujud dan meneruskan yang sudah baik dari Pak Nico demi kebaikan wilayah Kalimantan Selatan dengan tujuan utama menciptakan situasi kamtibmas kondusif," tandas mantan Kapolda Maluku Utara itu.

Sementara Irjen Nico hanya bisa mengucap syukur atas pelaksanaan tugas selama dia menjabat sebagai Kapolda Kalsel. Menurut dia, tanpa dukungan personel dan masyarakat di Banua maka program kerjanya tak bisa terlaksana.

"Saya bangga sudah pernah menjadi bagian dari Polda Kalsel yang luar biasa. Mohon doa agar saya dapat melaksanakan tugas lebih baik di Polda Jawa Timur. Doa yang sama saya panjatkan untuk Polda Kalsel semakin jaya kedepannya," tutur alumni Akpol 1992 itu.
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta bersama Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto. (ANTARA/Firman)


Deretan prestasi gemilang memang telah ditorehkan Nico dalam periode singkatnya memimpin Polda Kalsel. Salah satu yang paling fenomenal dan akan selalu diingat yaitu keberhasilan mengungkap penyelundupan 300 kilogram sabu-sabu jaringan Malaysia pada 6 Agustus 2020.

Selain penegakan hukum, Nico juga membangun sejumlah sarana prasarana di Polda Kalsel salah satunya yang paling prestise yaitu dimulainya pembangunan Mapolda baru di kawasan Trikota Kota Banjarbaru tahun depan.

Sejumlah pembangunan lain juga diwujudkan Nico seperti Aula Satuan Brimob. Selain gedung baru, dia juga memberikan dukungan operasional bagi Satuan Brimob Polda Kalsel berupa dua unit kendaraan roda empat sebagai wujud apresiasi atas kinerja dan pengabdian Brimob selama ini.

Kemudian dimulainya pembangunan Aula Sekolah Kepolisian Negara (SPN), barak dan TK Kemala Bhayangkari 02 SPN yang terbakar pada November 2019.

Pada September 2020, Nico kembali merealisasikan pembangunan Mess Bintara Remaja milik Direktorat Samapta Polda Kalsel di Komplek Asrama Polisi Bina Brata Banjarmasin.

Meski tak sempat merasakan rampung pembangunannya lantaran harus menunaikan tugas baru sebagai Kapolda Jawa Timur, namun Nico sudah meninggalkan warisan berharga bagi Kepolisian di Bumi Lambung Mangkurat.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020