Barabai,  (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan, kembali menggelontorkan dana program keluarga harapan (PKH) kepada masyarakat kurang mampu di daerah tersebut.


Bupati Hulu Sungai Tengah Harun Nurasid di Barabai, Selasa mengungkapkan, melalui dana PKH tersebut diharapkan akan mampu mendorong peningkatan kesejahteraan, pendidikan dan kesehatan masyarakat di daerah.

Sebelumnya, Bupati meninjau ke beberapa lokasi pembagian dana PKH tersebut, didampingi Kepala Disnakertransos HST H Ainur Rafiq dan kepala PT Kantor POS Cabang Barabai Sumista.

Pembagian dana bantuan tunai bersyarat yang sering disebut dengan Program Keluarga Harapan (PKH) terus, dilakukan disetiap kecamatan, kali ini pembagian dana PKH tersebut berlangsung di dua tempat yaitu Kantor Pos Pagat Kecamatan Batu Benawa dan Kantor Pos Kecamatan Pandawan.

Kedatangan Bupati HST tersebut disambut antusias oleh warga, masing-masing dari mereka juga ada yang ingin berjabat tangan dan berfoto bersama.

"Saya sangat senang bisa bertatap muka langsung dengan warga penerima dana PKH, dan saya berharap pembagian dana ini bisa berjalan lancar tanpa ada hambatan," kata Harun saat melihat proses pembagian dana PKH untuk RTSM.

Selain itu, Harun juga mengungkapkan agar pendamping PKH, bisa membagikan dana PKH tersebut sesuai dengan yang telah dianggarkan.

"Kepada penerima dana PKH sekiranya bisa memanfaatkan bantuan tersebut untuk keperluan pendidikan dan kesehatan, terutama pendidikan anak, hingga 12 tahun," katanya.

Sehingga, kata dia, program peningkatan sumber saya manusia segera bisa tercapai, bahkan anak-anak diupayakan sekolah hingga perguruan tinggi, agar bisa bersaing dengan daerah lain.

"Jangan sampai anak-anak kita putus sekolah hanya karena keterbatasan biaya" katanya.

PKH adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan bagi anggota keluarga RTS diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Program ini, dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban RTSM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan.

Pelaksanaan PKH juga mendukung upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Millenium. Lima Komponen Tujuan MDG's yang akan terbantu oleh PKH yaitu, pengurangan penduduk miskin dan kelaparan, Pendidikan Dasar, kesetaraan gender, pengurangan angka kematian bayi dan balita, pengurangan kematian ibu melahirkan.

Pewarta: Fathurahman

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014