Kotabaru,  (AntaranewsKalsel) - Kalangan DPRD Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, meminta Dinas Cipta Karya Kotabaru segera membangun rumah singgah bagi warga dayak di wilayah Sungai Durian dan Sengayam, Kotabaru.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kotabaru, Denny Hendro Kurnianto di Kotabaru, Senin, mengatakan, pihaknya menerima usulan sejumlah warga dayak di Kecamatan Sungai Durian dan Sengayam, Pamukan Barat, agar pemerintah daerah membangun tempat peristirahatan bagi mereka, karena selama ini jika ke kota kecamatan harus bermalam dan terpaksa menginap di emperan toko.

"Merespon usulan tersebut, kami dari Komisi III memantau langsung keberadaan mereka di lapangan," ujar Denny.

Hasil pemantauan dewan dalam kunjungan ke daerah, diketahui sebagian besar warga dayak yang tinggal di pedalaman, untuk memenuhi kebutuhannya mereka datang ke pasar yang berada di kota kecamatan untuk menjual hasil hutan dan palawija yang kemudian hasilnya dibelikan untuk kebutuhan pokok.

Jarak antara tempat tinggal mereka ke pasar sangat jauh sehingga tidak jarang mereka harus bermalam. Kebanyakan mereka tidur di emperan-emperan toko, karena tidak ada sanak keluarga di sekitar pasar itu.

"Melihat hal ini, kami merasa sangat mendesak keberadaan rumah singgah dibangun, untuk menampung warga dayak tersebut, khususnya di dua tempat yakni Sungai Durian dan Sengayam," ujarnya.

Oleh karenanya, dewan menilai hal ini masuk dalam kategori mendesak, untuk itu segera meminta kepada SKPD terkait, khususnya Dinas Cipta Karya segera membangunkan bangunan rumah singgah bagi warga tersebut.

Mengenai anggaran, Denny menyebut bisa dimasukkan dalam skala prioritas. Mendesak dari yang penting, jika dalam penyusunan anggaran belum termasuk, bisa saja dimasukkan dalam anggaran perubahan, namun yang jelas rumah singgah segera dibangun.

Bersamaan itu, politisi Partai Persatuan Pembangunan ini mengungkapkan, komitmen ia dan rekan sejawatnya akan menjalankan tugas dan fungsinya sebagai legislator secama maksimal, utamanya benar-benar mendengar aspirasi masyarakat yang diwakilinya.

Ia pun mempersilahkan masyarakat yang hendak menyampaikan usulan dan aspirasi, bisa melalui surat atau langsung datang ke kantor DPRD Kotabaru. meski tidak menjamin akan mengabulkan sepenuhnya, setidaknya akan memperjuangkan dan menyampaikan kepada eksekutif melalui SKPD terkait.

Pewarta: Shohib

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014