Banjarbaru,  (AntaranewsKalsel) - Kantor Regional VIII Badan Kepegawaian Nasional menjadwalkan pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan mulai tanggal 21 Oktober 2014.


"Sejak akhir September hingga 20 Oktober tes CPNS kementerian dan lembaga sehingga tes CPNS Kalsel baru dimulai 20 Oktober," ujar Kabag Umum Kanreg VIII BKN Banjarmasin Ramdhani di Banjarbaru, Senin.

Menurut Ramdhani didampingi Kasi Kasi Pengolahan Data Eko Wahyudi, ada enam pemerintah kabupaten dan kota termasuk Pemprov Kalsel yang melaksanakan tes CPNS di Kanreg VIII BKN Jalan Bhayangkara Banjarbaru.

Disebutkan, enam pemda yang melaksanakan tes CPNS dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) di Kanreg BKN adalah Pemprov Kalsel, Kabupaten Tapin, Banjar, Tanah Laut dan Kota Banjarmasin serta Banjarbaru.

"Jadwal pelaksanaan tes masing-masing kabupaten dan kota segera diatur, tetapi siapa yang duluan masih dikoordinasikan. Namun yang jelas, pelaksanaan mulai tanggal 20 Oktober 2014," ucapnya.

Ia mengatakan, ada beberapa pemerintah kabupaten dan kota lain di Kalsel yang melaksanakan tes CPNS secara mandiri bekerja sama dengan LPMP serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Tes CPNS mandiri dilakukan oleh pemda di daerah masing-masing dan pelaksanaannya bekerja sama dengan LPMP diantaranya Kabupaten Batola, HSS, HSU, Kotabaru, Tanah Bumbu dan Kabupaten Tabalong," ujarnya.

Dikatakan, pihaknya menyiapkan jadwal pelaksanaan tes CPNS apabila seluruh pemkab dan pemkot telah menyerahkan jumlah calon peserta yang dinyatakan lulus administrasi dan memenuhi syarat mengikuti tes.

"Kami baru bisa menyusun jadwal pelaksanaan tes jika seluruh calon peserta CPNS lengkap dan sekarang tinggal Pemkab Tapin yang belum menyerahkan jumlah calon peserta tes karena masih verifikasi data," kata dia.

Ditambahkan, pihaknya secara umum telah siap menyelenggarakan tes CPNS bagi Pemprov Kalsel maupun kabupaten dan kota yang meminta Kanreg VIII BKN memfasilitasi tes bagi calon aparatur pemerintah itu.

Ia menyebutkan, kesiapan sarana pendukung utama tes sistem CAT yakni peralatan komputer sudah siap termasuk ruangan tes yang mampu menampung 100 peserta dalam satu sesi pelaksanaan tes.

"Komputer yang sudah disiapkan sebanyak 105 unit dalam satu ruangan tetapi hanya 100 unit yang digunakan. Sisanya lima unit cadangan sehingga bisa digunakan apabila ada gangguan operasional," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014