Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Kalimantan Selatan segera menyikapi keputusan DPR-RI mengenai pemilihan kepala daerah atau Pilkada lewat DPRD setempat.

Hal itu dikemukakan Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kalimantan Selatan (Kalsel) H Murhan Effendie saat berada di DPRD tingkat provinsi tersebut, Jumat.

",Terkait Pilkada lewat DPRD, kami mengundang DPD Partai Golkar kabupaten/kota di Kalsel yang bakal menyelenggarakan pemilihan kepala daerah tahun 2015" ujarnya.

"Pertemuan dengan DPD Partai Golkar dari kabupaten/kota itu, rencananya dipimpin Ketua DPRD Partai Golkar Kalsel H Abdussamad Sulaiman Haji Basirun yang akrab disapai Haji Leman," ungkapnya.

Namun anggota baru DPRD Kalsel itu tidak mengungkapkan materi yang bakal menjadi pembicaraan pada pertemuan bersama DPD Partai Golkar kabupaten/kota tersebut, kecuali menyatakan, hal-hal yang berkaitan Pilkada.

"Kan di daerah kita pada 2015, selain Pilkada tingkat provinsi, juga ada tujuh kabupaten/kota yang melaksanakan suksesisi kepemimpinan daerah," lanjut mantan Ketua DPRD Kabupaten Tabalong, Kalsel itu.

"Karena semula Pilkada secara langsung oleh rakyat, tapi dengan melalui DPRD, sehingga memerlukan perencanaan ulang serta langkah-langkah baru," tambah mantan Wakil Bupati "Bumi Saraba Kawa" Tabalong tersebut.

Selain itu, perlu pembicaraan lebih lanjut dengan partai politik (parpol) lain yang menjadi koalisi, kendati Partai Golkar sebagai pemenang pada tingkat provinsi, serta di beberapa kabupaten/kota di Kalsel.

"Begitu pula dalam pengaturan lebih lanjut menghadapi Pilkada di Kalsel, kita juga tetap mengacu pada petunjuk dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar," demikian Murhan Effendie.

Dari 13 kabupaten/kota di Kalsel yang menyelenggaran Pilkada pada 2015, yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah (HST), Balangan, Tanah Bumbu (Tanbu), dan Kabupaten Kotabaru.

Sedangkan enam kabupaten lain pelaksanaan Pilkada pada waktu yang berbeda, yaitu Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Utara (HSU), Tabalong, Barito Kuala (Batola), dan Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014