Kalangan legislatif Kabupaten Kotabaru mengharapkan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi program prioritas bagi pemerintah daerah dalam menopang perekonomian daerah khususnya di masa pandemi COVID-19.

Demikian diungkapkan Anggota Komisi II DPRD Kotabaru, Hj Alfisah usai melakukan kunjungan di sejumlah desa di Kecamatan Pulaulaut Timur dan Pulau Laut Utara dalam rangka reses ke tiga.

"Diakui, sektor UMKM ini dengan keberadaan para pelaku usaha kecil di daerah-daerah, menjadi salah satu penopang perekonomian masyarakat, terlebih di masa pandemi seperti sekarang," kata Alfisah, Sabtu.

Namun lanjutnya, dalam realitanya sektor ini terkesan masih belum mendapat perhatian maksimal dari pemerintah, karena kebanyakan mereka bergerak sendiri-sendiri sesuai kemampuan yang terbatas.

Padahal, politisi Partai Nasdem ini menuturkan, jika mereka (para pelaku usaha kecil) ini dibina dan di-support, maka hasilnya akan lebih optimal, terlebih besarnya potensi yang ada di Kotabaru, merupakan modal awal yang sangat tinggi nilainya, sehingga perlu dikembangkan.

Dijelaskan Alfisah, dari analisa di lapangan, ada beberapa hal atas realita UMKM di Kotabaru, diantaranya minimnya permodalan, kurangnya pembinaan, keterampilan dalam mengemas produk, marketing dan perijinan.

Untuk mengatasi beberapa permasalahan tersebut, menurut mantan ketua KPU Kotabaru itu perlu kehadiran pemerintah untuk mendampingi dan berkontribusi dalam bentuk dukungan dan perhatian.

"Sebagai bentuk dukungan dewan kepada UMKM di Kotabaru, kami berusaha terlibat dalam mendukung mereka, salah satunya memasukkan usulan dan keluhan mereka ke dalam program aspirasi (pokran)," tandas Alfisah.

Melalui program ini, diantaranya dengan mengadakan mesin pendukung produksi seperti alat untuk produksi keripik, amplang dan alat kemasan sederhana.

Dikatakan Alfisah, dukungan nyata kepada para pelaku UKM sangat diharapkan, agar mereka bisa survive dan berkembang dalam menjalankan roda perekonomian, terlebih pada masa sulit akibat pandemi seperti sekarang ini.

"Oleh karenanya, dalam waktu dekat kami (dewan) akan melakukan rapat kerja bersama eksekutif melalui dinas dan pihat terkait guna membahas dan merumuskan bentuk dukungan bagi UMKM di Kotabaru," pungkas Alfisah.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020