Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Sekitar 3.000 pesepeda akan memeriahkan gelar Fun Bike Extreme Country 2014 dalam rangkayan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-488 Kota Banjarmasin, Minggu (21/9).

Menurut Ketua Panitia Fun Bike Extreme Country 2014 Edy Wibowo, fun bake ini digelar secara beregu, yakni, setiap regu tiga orang peserta, dan hadiah utama dalam undian pergelaran ini berupa satu buah mobil pik up.

Peserta, ungkap Edy, akan melalui rute sekitar 36,7 kilometer. yakni, di mulai dari depan Gedung DPRD Kota Banjarmasin di jalan Lambung Mangkurat, Jalan Blasung, Kertak Baru, Jembatan RK Ilir, Basirih, Mantuil, Kuin Kecil, Kuin Besar, Desa Terapu, Handil Bujur, Tatah Bangkal, Lingkar Dalam, Simpang Gatot Subroto, jalan A Yani, jembatan Dewi, dan kembali ke Jalan Lambung Mangkurat.

"Rute yang dilalui peserta fun bike itu sekitar 15,4 kilometer tanpa aspal, atau jalan tanah," ucapnya.

Untuk kelancaran kegiatan fun bike ini, tutur Edy, pihak panitia sudah menyiapkan pos-pos penjagaan perute baik untuk keamanan maupun pos medis. "Tidak hanya ambulan yang kita sediakan untuk evakuasi peserta yang mungkin terjadi tidak diinginkan, namun juga trasportasi sungai juga kita siagakan nantinya," kata Edy.

Dia menyatakan, gelar ini bukan adu kecepatan, melainkan bersepada untuk mempererat kebersamaan sekalian kesenangan dan kesehatan. Sekalin ajang ini untuk memperlihatkan pembangunan kota "Seribu Sungai" dalam perbaikan inspratruktur di wilayah pinggiran.

Edy mengungkapkan, peserta tidak hanya dari Banjarmasin, melainkan club sepeda dari 12 kabupaten/kota lainnya juga ikut berpartisipasi. "Bahkan club sepeda dari Kapuas dan Palangkaraya, Kalimantan Tengah juga ada yang daftar," ujarnya.

Pergelaran ini, kata Edy, diharapkan berjalan lancar, dan memberikan epek kemeriahan dalam rangkayan menyambut hari jadi atau hari ulang tahun Kota Banjarmasin yang ke-488 tahun yang jatuhnya pada 24 September 2014 ini.



Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014