Oleh Arianto

Pelaihari, Kalsel, (Antaranews Kalsel) - Hingga penutupan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 di Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, mencatat bahwa jumlah pemalar sebanyak 2.314 orang.


"Penerimaan CPNS atau disebut Aparatur Sipil Negara (ASN) di Tanah Laut (Tala) berakhir, tercatat 2.314 pelamar," ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat H Firmansyah, Selasa.

Sejumlah pelamar CPNS atau ASN untuk pemerintah kabupaten (Pemkab) Tala itu termasuk yang melamar via online, tambahnya di Pelaihari, ibu kota kabupaten tersebut (65 kilometer timur Banjarmasin).

Menurut dia, rekrut CPNS kali ini, formasi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) banyak diminati pelamar, yaknik 900 lebih berkas masuk, sedangkan yang diperlukan hanya enam orang.

"Hingga ditutupnya penerimaan berkas, jurusan Pendidikan Agaama Islam yang mendominasi. Sementara formasi lain masih di bawah angka 300," terangnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, semua berkas yang masuk sudah dilakukan seleksi, yaitu sebanyak 2.029 berkas yang dinyatakan lulus administrasi, 13 berkas tidak lulus dan 272 berkas lagi masih dalam tahapan seleksi.

"Dari jumlah itu, masih masih ada 272 berkas pelamar masih dalam tahapan seleksi BKD Tanah Laut." Jelasnya.

Ia mengungkapkan, ketidaklulusan berkas pelamar itu karena umur lewat batas 35 tahun. Selain itu, ijazah tidak sesuai, dan IPK kurang dari 2,75 atau tak sesuai standar BKD Tanah Laut.

Kemudian, sambung dia, BKD Tanah Laut mengusulkan ke Badan Kepegawain Nasional (BKN), agar pelaksanaan ujian tes CPNS dapat serentak pada tanggal 29 September sampai 3 Oktober.

  "Kita telah mengusulkan waktu pelaksanaan ujian tes CPNS ke BKN, mudah-mudahan mendapat persetujuan pusat," pungkasnya.    

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014