Oleh Herlina Lasmianti

Tanjung, Kalsel (Antaranews Kalsel) - Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan, Anang Syakhfiani melepas 320 calon jamaan haji (Calhaj) yang masuk kloter pertama untuk masuk asrama haji di Banjarbaru.


Sebanyak 320 Calhaj Tabalong diberangkatkan, Selasa pukul 15.00 wita di halaman Pendopo Bersinar Pembataan Kecamatan Murung Pudak dengan didampingi lima petugas haji dari kantor Kementerian Agama dan Dinas Kesehatan setempat.

"Para calon jamaah haji harus bisa menjaga kesehatan selama di kota Mekkah dan mudahan perjalanan ke Tanah Suci yang rencananya pada Kamis subuh berjalan lancar," jelas Anang saat memberi sambutan pada pelepasan calhaj Tabalong.

Pada pelepasan 320 calhaj kloter pertama hadir pula Wakil Bupati Tabalong, Zony Alfianoor, Ketua DPRD Darwin Awi, Kapolres AKBP Didik Suharyadi serta sejumlah undangan lainnya.

Kepala Kantor kementerian agama Tabalong, Makhrus dalam laporannya mengatakan calhaj Tabalong diberangkatkan dalam dua kloter yakni kloter pertama 320 orang yang dilepas hari ini dan 27 calhaj masuk kloter enam bergabung dengan calhaj Hulu Sungai utara yang rencana diberangkatkan 19 Septermber 2014.

"Rencananya kloter enam terdiri 27 calhaj asal Tabalong diberangkatkan bersama calhaj Hulu Sungai Utara (HSU) dan untuk kloter pertama sebanyak 320 orang ditambah 5 petugas haji kita berangkatkan hari ini untuk masuk ke asrama haji dan Kamis subuh baru terbang ke Mekkah," jelas Makhrus.

Sementara itu guna mendukung stamina dan kesehatan calhaj selama di perjalanan menuju asrama maupun kota Mekkah, Dinkes Tabalong menyiapkan 9.000 masker dan ribuan obat daya tahan tubuh yang diberikan gratis kepada calhaj.

  "Masker kita berikan kepada calon jamaah haji untuk mengantisipasi kabut asap selama di perjalanan termasuk obat daya tahan tubuh yang diminum sebelum keberangkatan," jelas Kasi pemberantasan penyakit, Dinkes Tabalong, Taufik.   

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014