Barabai,  (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan terus mendorong tumbuhnya sekolah pendidikan anak usia dini sebagai upaya pemerintah dalam menyiapkan generasi unggul sejak dini.


Bupati Harun Nurasid di Barabai, Senin menyatakan pendidikan anak usia dini di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) meningkat pesat.

"Kami berkomitmen untuk pengembangan PAUD, sebagai upaya menyiapkan generasi unggul sejak dini," katanya.

Kemajuan pengembangan PAUD yang ada di Kabupaten HST, tampak dari bertambahnya jumlah lembaga dari 277 pada tahun 2011 menjadi 333 pada tahun 2013, dan pada tahun 2014 meningkat menjadi 335 buah.

Peningkatan ini juga didukung dengan pembinaan yang dimotori oleh Tintainah Harun Nurasid yang juga Bunda PAUD HST terhadap Gugus PAUD di Kabupaten HST yang terbukti menjadi salah satu Gugus PAUD VI meraih juara 1 di tingkat provinsi Kalimantan Selatan.

Selain itu kemitraan yang dibangun bersama para stakeholder seperti Himpaudi, IGTKI, Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah juga turut memberikan sumbangan terhadap peningkatan angka partisipasi kasar PAUD di kabupaten HST.

Peningkatan selama empat tahun terakhir dari seluruh anak umur 2-6 tahun yang terlayani adalah 50 persen pada tahun 2011 dan pada 2014 meningkat menjadi 62 persen.

Keberhasilan meningkatkan angka partisipasi kasar pendidikan anak usia dini tersebut, mengantarkan Bunda PAUD HST Tintainah mendapatkan penghargaan sebagai Bunda PAUD Berprestasi Kalsel 2014 kategori Peningkatan Angka Partisipasi Kasar.

Menurut dia, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan pengembangan pendidikan bagi anak di usia emasnya tersebut.

"Kami menginginkan akan hadir ratusan lagi lembaga PAUD yang tersebar di seluruh kecamatan. Prinsipnya, setiap anak pada usia emas berhak mendapatkan pendidikan modern dalam wadah PAUD," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan Ngadimun mengatakan, sebagai apresiasi pemerintah provinsi atas keberhasilan dan kerja keras Bunda PAUD Kabupaten HST dalam memajukan lembaga PAUD, Tintainah ditetapkan menjadi Duta Bunda PAUD Kalsel Berprestasi pada kejuaraan tingkat nasional bersama dengan Bunda PAUD Berprestasi Kategori lainnya.

Menurut Ngadimun, tujuan digelarnya lomba Bunda PAUD Berprestasi sebagai penghargaan atas dedikasi dan pengabdian tanpa mengenal lelah para Bunda PAUD Kabupaten/Kota dalam memajukan dunia pendidikan di tingkat dasar.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014