Sebanyak tujuh pasangan calon (Paslon) bupati - wakil bupati dan wali kota - wakil wali kota secara independen mewarnai pemilihan kepala daerah atau Pilkada di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2020.

Pantauan Antara Kalsel di Banjarmasin, Ahad melaporkan, dari tujuh kabupaten/kota di provinsi tersebut yang menggelar Pilkada 2020 dan tidak ada Paslon melalui jalur perseorangan/independen hanya Kota Banjarbaru serta Kabupaten Balangan.

Sementara dari lima lainnya kabupaten/kota di Kalsel yang juga menggelar Pilkada 2020 Paslon independen terbanyak pada Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) sebanyak tiga pasang sebagai calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup).

Ketiga Paslon Bupati dan Wabup HST yang melalui jalur perseorangan itu masing-masing Aulia Oktifiandi - H Mansyah Sabri, H Faqih Jarjani - Abu Yazid Bustam dan H Akhmad Tamzil - M Ilham Effendi.

Sedangkan Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) masing-masing hanya satu Paslon independen.

Sementara itu melalui WA, Cabup A Tamzil menyatakan, dirinya mencalon melalui jalur perseorangan karena kemauan yang keras untuk secara langsung bertanggung jawab terhadap pembangunan "Bumi Murakata" HST.

Oleh karenanya dalam bahasa diplomatis, mantan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) HST itu membuat perahu sendiri untuk berlayar menuju "Pulau Idaman" (Bumi Murakata yang lebih berkeadilan dan sejahtera).

"Untuk itulah Ulun (saya) bersama M Ilham Effendi 'maraut saurang baulah perahu' (meraut sendiri membikin perahu)," lanjut putra almarhum H A Madjid Sjachrani - mantan Kepala SMA Negeri Barabai (165 kilometer utara Banjarmasin), ibu kota HST.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020