Pelaihari, (AntaranewsKalsel) - Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, H Bambang Alamsyah berpendapat, gerakan Pramuka salah satu pendidikan non formal yang mampu membentuk kaum muda menjadi pemimpin bangsa.


Ketua Mabicab Bambang yang juga Bupati Tanah Laut (Tala) mengemukakan itu pada peringatan ke-53 Gerakan Pramuka di Bumi Perkemahan BP3T Tambang Ulang, kabupaten tersebut (45 km timur Banjarmasin), Senin.

Ia berharap, melalui peringatan ke-53 Hari Gerakan Pramuka dapat mendorong perkembangan dan kemandirian untuk mempercepat keberhasilan pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih handal dan lebih baik pada masa mendatang.

Menurut di, era globalisasi dewasa ini banyak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama. Untuk itulah perlu membangun manusia yang memiliki karakter membangun bangsa dengan watak yang kuat.

"Bukan hanya membangun manusia atau pemuda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun kepribadian pemuda yang tangguh, budi pekerti, menjunjung persatuan dan persatuan Indonesia sangat diperlukan," tegasnya.

Ia menambahkan, peran Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal tujuan utamanya membentuk kaum muda berkarakter, menanamkan semangat kebangsaan dan meningkatkan keterampilan.

"Gerakan Pramuka diharapkan mampu membentuk kaum muda berkarakter untuk membangun daerah maupun bangsa ini," katanya.

Menurut dia, saat ini rasa cinta pada bangsa dan tanah air mulai terasa luntur di kalangan kaum muda. Maka sudah sepatutnya Pramuka tampil sebagai pelopor terdepan untuk menanamkan kembali nilai-nilai yang berjiwa Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

"Melalui Gerakan Pramuka kita berharap kaum muda di daerah ini memiliki akhlak kepribadian luhur dan mulia, sikap toleran, serta siap bersaing di era global," ujarnya.

Untuk bisa memiliki akhlak kepribadian luhur dan mulia, sikap toleran serta siap bersiang, lanjutnya, maka perlu dukungan semua Kwartir Ranting dalam membina anggota Pramuka di wilayahnya masing-masing.

"Saya sangat berharap peran Kwartir Ranting di daerah ini melakukan pembinaan terhadap anggota Pramuka di wilayahnya masing-masing. Sebab tanpa adanya pembinaan yang baik tidak akan tercapai apa yang diinginkan," demikian Bambang.

Pewarta: Arianto

Editor : AWI-SEO&Digital Ads


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014