Batulicin,  (Antaranews Kalsel) - Jumlah total formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan diterima Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) tahun ini naik menjadi 342 orang dari jumlah sementara yang ditetapkan sebelumnya sebanyak 171 orang.


Besarnya jumlah formasi CPNS tersebut diperkuat dengan keluarnya SK Menteri Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) nomor: 576 tahun 2014 tentang formasi CPNS tahun anggaran 2014 tertanggal 11 Agustus 2014.

"Penetapan sementara kemarin hanya sekitar 171 orang. Namun resminya sekarang naik menjadi 341 orang," kata Kepala Badan Kepegawain Daerah (BKD) Kabupaten Tanbu, Drs Ambo Sakka, M.Pd di Batulicin, Jumat.      

Banyaknya formasi CPNS yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui Menpan-RB kepada pemerintah Kabupaten Tanbu tersebut, didasari atas rendahnya belanja pegawai di Kabupaten Tanbu pada tahun lalu yang masih di bawah kisaran 30 persen.

Hal ini didukung dengan kenyataan kondisi Kabupaten Tanbu yang masih tergolong daerah baru hasil pemekaran, sehingga dianggap masih memerlukan banyak tenaga pegawai.

Secara terperinci banyaknya formasin CPNS yang mencapai 342 orang tersebut rencana diperuntukan untuk mengisi tenaga pegawai bidang pendidikan atau guru, tenaga kesehatan, dan administrasi atau tenaga teknis.

Untuk formasi guru ada sebanyak 98 orang, tenaga kesehatan 85 orang, dan tenaga administrasi atau tenaga teknis sebanyak 159 orang.

Terkait proses pendaftaran CPNS tersebut masing-masing calon peserta diharapkan dapat  membuka website Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) di alamat www.panselnas.menpan.go.id.

Melalui proses itu, selanjutnya yang bersangkutan akan mendapatkan nomor kode yang nantinya harus dibawa atau ditunjukan ke instansi badan kepegawaian daerah (BKD) guna mendapatkan nomor register untuk membuka sistem Computer Asisted Tes (CAT) pada saat ujian seleksi berlangsung.

"Tak ada syarat lain yang sifatnya lebih khusus untuk mengikuti seleksi CPNS. Namun yang  jelas peserta harus mengisi nama dan nomor e-KTP pada saat mendaftar melalui website Panselnas tersebut," kata Ambo Sakka.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Suryanto


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014