Amuntai, Kalsel, (Antaranews Kalsel) - Penilaian lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat provinsi Kalimantan Selatan, di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) diulang, karena terjadi pergeseran pengiriman nominator ke tingkat nasional oleh tim propinsi.


Tim Penilai Propinsi Kalsel Sibli Wahyudi, Rabu mengatakan, pihaknya harus menilai ulang ke sekolah-sekolah peserta lomba UKS tingkat propinsi, karena dalam jangka waktu satu tahun sejak penilaian dilakukan pada 2013 tentu terjadi perubahan objek UKS yang dinilai.

Sibli menuturkan hasil penilaian sebelumnya tetap menjadi masukan bagi tim namun penilaian ulang harus dilakukan karena ajang lomba dilaksanakan di 2014.

"Disamping melakukan penilaian kita juga sekaligus memberikan pembinaan kepada pembina UKS kabupaten/ kota dan di sekolah," kata dia melalui siaran pers.

Anggota Tim penilai lainnya, dr Sri Wahyuni mengharapkan pihak sekolah yang kemungkinan masuk nominasi ke tingkat nasional seperti SDN Baruh Tabing Kabupaten HSU untuk mempersiapkan diri.

Ia membeberkan kriteria yang kemungkinan akan dinilai Tim Penilai UKS tingkat nasional seperti keberadaan logo UKS, penghijauan, kebersihan dan lainnya.

Menurutnya terdapat kriteria yang langsung mendapat penilaian Tim pusat saat masuk ke lokasi sekolah peserta Lomba UKS tingkat nasional.

"Lokasi sekolah yang terpencil juga langsung mendapat penilaian 10 poin dari Tim Pusat," ujarnya.

Sementara itu, pengulangan penilaian tersebut dilakukan, karena terjadi pergeseran pengiriman nominator ketingkat nasional oleh tim propinsi pada 2013.

Juara UKS pada 2013 urung dikirim ke perlombaan UKS ke tingkat nasional, sehingga dikirim kembali pada 2014.

"Waktu itu berkas yang di kirim oleh Tim UKS Propinsi Kalsel tidak masuk ke panitia lomba UKS pusat sehingga kita tidak ikut Lomba UKS di tingkat nasional pada 2013 kemaren," ujar Kepala Bidang Pengembangan dari Dinas Kesehatan Hulu Sungai Utara (HSU) dr Ivan Hariyadi.

Ivan yang ikut mendampingi Tim Penilai UKS dari Propinsi menjelaskan salah satu sekolah dari Kabupaten HSU yakni SDN Hambuku masuk nominasi untuk dikirim ke tingkat nasional pada 2013, namun baru bisa di kirim tahun 2014.

"Jika wakil HSU SDN Baruh Tabing berhasil juara propinsi maka akan di kirim mengikuti Lomba UKS tingkat nasional pada 2015 mendatang" Kata Ivan.

Kepala SDN Baruh Tabing Murjani membenarkan terjadinya penilaian ulang dari Tim UKS Propinsi.

  "Saya berharap hasil penilaian sebelumnya tetap diperhitungkan karena dari informasi yang saya dapat sekolah kami sudah masuk nominasi juara propinsi Kalsel" Kata Murjani.   

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014