Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, terus berupaya mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19 dengan menyemprot cairan disinfektan diseluruh fasilitas umum yang ada di "Bumi Bersujud".

Ketua PMI Cabang Tanah Bumbu H. Rosswandi Salem, di Batulicin Rabu mengatakan, selain melakukan penyemprotan, petugas PMI juga memberikan sesialisasi dan edukasi mengenai pencegahan virus tersebut dengan tepat dan benar.

"Yang terpenting masyarakat wajib memakai masker saat melakukan aktifitas di luar rumah, sering melakukan cuci tangan mengunakan sabun dan air mengalir dan menjaga jarak saat bertemu dengan orang lain," katanya.

Dia menjelaskan, kegiatan penyemprotan cairan disinfektan dan penggalakan sosialisasi protokol kesehatan akan terus dilakukan sesuai intruksi PMI pusat.

Bahkan kali ini PMI Cabang Tanah Bumbu bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Dinas Pemberdayaan Desa, Polres, dan Kodim 1022 Tanah Bumbu untuk embantu menyerahkan bantuan paket kesehatan untuk menunjang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Ada 3.500 paket yang kami serahkan, di dalem paket tersebut berisi sabun, leaflet pola hidup bersih dan sehat serta masker," ujar H. Rooswandi.

Bukan hanya itu lanjut Roswandi, untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19, PMI sebelumnya telah mengucurkan bantuan sembako secara gratis. Dan program tersebut akan terus berlanjut.
Agar penyaluran sembako tersebut tepat sasaran, pihaknya juga melibatkan pegiat seni untuk membantu menyalurkan bantuan sembako tersebut bersama pengurus pramuka tingkat kecamatan.

"Menyikapi adanya pandemi COVID-19, PMI ikut prihatin terhadap masyarakat yang tidak memiliki penghasilan tetap, kami berinisiatif untuk meringankan beban hidup mereka dengan membagikan sembako dan maskes masker," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020