Pelaihari, (Antaranews Kalsel) – Wakil Bupati Tanah Laut, H Sukamta menegaskan pemerintah kabupaten merencanakan pembangunan rumah sakit tipe B  di  Kota Pelaihari yang akan dibangun mulai tahun 2017.

 

“Pada pertengahan tahun 2015 akan dilaksanakan pelelangan desain dan pembangunan rumah sakit tipe B di Kota Pelahari,” kata H Sukamta, di Pelahari, Rabu (13/8).

Menurut wakil bupati, pembangunan rumah sakit  tersebut dianggarkan melalui  dana APBD Kabupaten Tanah sebesar Rp 300 miliar  dengan   sistem multi years .

“Dana sebesar Rp 300 miliar itu nantinya akan kita sesuaikan dengan master plant dan desain bangunan rumah sakit,” ujarnya.

Diutarakannya,  khusus untuk alat-alat kesehatan di rumah sakit tipe B  nanti, pemerintah kabupaten berharap dari bantuan pusat atau dari  dana APBN. Jadi  hanya bangunan dan pengadaan tanah merupakan tanggungjawab pemerintah kabupaten.

“Kontruksi, desain dan master plant pembangunan rumah sakit tipe B merupakan tanggungjawab dari pemerintah kabupaten. Kita berharap pengadaan alat-alat kesehatan dari bantuan APBN,” terangnya.

Terpisah, Direktur Rumah Sakit H Boejasin Pelaihari, dr Edy Wahyudi mengatakan, pihaknya optimis pembangunan rumah sakit tipe B di ibukota Kabupaten Tanah Laut bakal terwujud, hal itu didasari dari ketersediaannya dokter spesialis dan kelengkapan lainnya.

“Untuk menuju rumah sakit tipe B memang ada persyaratan yang harus dipenuhi, namun kita tetap optimis persyaratan itu bisa dipenuhi,” ucapnya.

Sementara, Ketua DPRD Tanah Laut, Ahmad Yani  mengatakan, dewan sangat mendukung upaya pemerintah kabupaten untuk mewujudkan pembangunan rumah sakit tipe B di ibukota Kabupaten Tanah Laut.

“Sebelum pembangunan itu dilakukan terlebih dulu harus dipelajari secara matang melalui kajian , sehingga dalam pelaksanaannya nanti tidak ada masalah,” tegasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : AWI-SEO&Digital Ads


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014