Pelaihari, (Antaranews Kalsel) – Luas tanam komoditas padi di Kabupaten Tanah Laut (Tala) tahun 2014, seluas 46.874 hektar tersebar di beberapa kecamatan di daerah tersebut.


"Luas tanam untuk komoditas padi di Kabupaten Tanah Laut seluas 46.874 hektar dengan produksi 187.565 ton gabah kering giling,” kata Wakil Bupati Tanah Laut, Drs H Sukamta, di Pelaihari, Senin (21/7).

Menurutnya, dengan hasil produksi gabah kering tersebut menjadikan Kabupaten Tanah Laut sebagai daerah peningkatan produksi beras nasional.

“Kabupaten Tanah Laut merupakan salah satu penyangga pangan Kalimantan Selatan, perlu dukungan teknologi, diantaranya penerapan mekanisasi pertanian, penggunaan bibit dan benih unggul yang jelas akan berpengaruh terhadap tingkat produksi,” jelasnya.

Diutarakannya, dalam upaya peningkatan produksi tentunya sangat diharapkan peran penyuluh pertanian untuk membimbing para petani untuk meningkatkan hasil produksi pertanian.

“Untuk mendukung pertanian banyak dilaksanakan pembangunan infrastruktur pertanian, seperti jalan usaha tani, jalan produksi, saluran, tabat dan gudang untuk menyimpan hasil pertanian.



Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014