Upacara Renungan Suci dalam rangka mengenang jasa pahlawan yang digelar di Taman Makam Pahlawan 5 Desember Marabahan, Kabupaten BaritoKuala, Kalimantan Selatan dipimpin Kapolres Barito Kuala (Batola) AKBP Lalu Moh Syahir Arif, Minggu (16/8) malam.

Selain diikuti pasukan TNI, Polri, dan Satpol PP upacara juga dihadiri Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Ketua DPRD Saleh, Pj Sekda H Abdul Manaf, Dandim 1005/Marabahan Letkol Arm Ari Priyudono, Kajari Marabahan La Kanna, dan Ketua PN Marabahan.

Upacara digelar setiap malam 17 Agustus ini dimulai tepat pada pukul 00.00 wita. Prosesi itu berisi pengucapan naskah kehormatan dari inspektur upacara.

Pelaksanaan Upacara Kehormatan dan Renungan Suci kali ini terasa sakral mengingat kegiatannya dilangsungkan di tengah kegelapan dan hanya diterangi obor.

Sebelum upacara berlangsung, para pejabat maupun para peserta upacara yang akan memasuki area TMP terlebih dahulu memberi penghormatan kepada para pahlawan, begitu pula ketika saat beranjak meninggalkan lokasi Taman Makam Pahlawan.

Yang menarik, ketika berhadir di lokasi upacara para peserta baik pasukan TNI, Polri, dan Satpol-PP hanya berjalan kaki sambil berbaris mulai depan Kantor Bupati Batola yang berjarak sekitar 400 meter.

Sementara para pejabat dan para peserta perempuan dengan menumpang mobil.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020