Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, menerima penghargaan "Satu Wasakan Award" dari Provinsi Kalimantan Selatan atas keberhasilan pemerintah daerah dalam menjalankan program pembangunan sanitasi dan air minum.

"Penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan secara virtual dan bersamaan dengan peringatan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke 70," kata Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor di Batulicin, Sabtu.

Dia mengatakan, satu wasaka award merupakan program pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang di selanjutnya laksanakan oleh pemerintah daerah dalam menangani sanitasi dan air bersih.

Fasilitasi, koordinasi, advisory, advokasi, supervisi, sinkronisasi, monitoring dan evaluasi sehingga program pembangunan sanitasi dan air minum yang telah disusun oleh kabupaten atau kota, dapat diimplementasikan secara terarah sesuai dengan prioritas dan kondisi daerah yang telah disepakati oloeh pihak terkait.

Bukan hanya itu, tujuan dari satu wasaka award adalah untuk mendorong kabupaten atau kota untuk meningkatkan akses sanitasi dan air minum.

Mendorong kabupaten/kota untuk menyiapkan aspek regulasi, kelembagaan, pendanaan, infrastruktur sanitasi dan air minum, melaksanakan fungsi pokja AMPL provinsi dalam aspek advokasi, supervisi, sinkronisasi, monitoring dan evaluasi, meningkatkan pelibatan multistakeholders salam pembangunan sanitasi dan air minum.

Dan yang terpenting lanjut Bupati, mendorong inovasi daerah dalam pembangunan sanitasi dan air minum di daerah masing-masing.

Adapun kabupaten/kota di Kalimantan Selatan yang menerima satu wasaka award periode 2019 yaitu Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Bumbu.

Selanjutnya ada pula penghargaan bagi Pokja AMPL/Sanitasi responsif dalam upaya kemitraan pembangunan sanitasi dan air minum yaitu Pokja AMPL/Sanitasi Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Pokja AMPL/Sanitasi Kabupaten Tanah Bumbu.

"Kami selaku pemerintag daerah mengucapkan terimakasih kepada Provinsi Kalimantan Selatan atas penghargaan yang diberikan," pungkas Bupati yang juga didampingi Sekretaris Daerah H. Rooswandi Salem, para Forkopimda dan kepala SKPD setempat.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020