Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melalui kantor Dinas Sumber Daya Air (SDA) menganggarkan dana Rp42 miliar lebih untuk melaksanakan rogram kegiatan sungai besar selama tahun 2014.


Terdapat lima bidang kegiatan selama tahun 2014 ini yang harus dilaksanakan SDA untuk sungai besar, kata Kepala Dinas SDA Kota Banjarmasin, Ir Muryanta di Banjarmasin, Minggu.

Kegiatan dimaksud diantaranya pelaksanaan normalisasi dan pengerukan sungai besar senilai Rp3,8 miliar, kemudian merehabilitasi atau pemeliharaan sungai besar sebagai contoh Sungai Martapura yang membelah kota Banjarmasin dengan nilai Rp2 miliar.

Kegiatan lain revitalisasi dan penataan Bantaran sungai Martapura seperti di kawasan Jalan RK Ilir, Jalan Sungai Baru dan Jalan Sudirman, persisnya depan kantor Markas Korem senilai Rp29,2 miliar, katanya .

Selain itu, juga ada program pengadaan dan pembebasan lahan berupa tanah dan bangunan untuk pembangunan kawasan bantaran sungai besar tersebut untuk pembuatan proyek siring dengan nilai Rp2,8 miliar serta pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana Rp5 miliar, yang kesemuanya sektor sungai besar ini menelan dana Rp42,8 miliar.

Sedangkan untuk sungai kecil dianggarkan Rp9,9 miliar meliputi kegiatan perencanaan dan pengawasan penataan sungai-sungai kecil (konsultan) Rp300 juta, pelaksanaan normalisasi sungai kecil Rp4,04 miliar, rehabilitasi atau pemeliharaan sungai kecil Rp5,05 miliar.

Kegiatan lain sungai kecil adalah pembuatan dan pemasangan patok beton sungai Rp295 juta dan pemasangan tripikon Rp255 juta, demikian Muryanta./e

Pewarta:

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014