Seluruh perkantoran di lingkungan Pemerintah Kota Banjarbaru mulai disterilisasi dengan penyemprotan cairan disinfektan untuk mencegah penyebaran COVID-19 terutama di area perkantoran.

Wakil Wali Kota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan di Banjarbaru, Senin mengatakan, disinfeksi dilakukan terkait penularan COVID-19 yang sudah menjangkiti aparatur termasuk wali kota, sekda dan pejabat lainnya.

"Disinfeksi dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan perkantoran dan diharapkan virus corona yang mungkin ada di sekitar kantor bisa dimatikan," ujar wawali usai memantau langsung disinfeksi.

Ia mengatakan, disinfeksi mengacu Surat Edaran Walikota Banjarbaru Nomor 800/0826/BKPP/2020 tentang sterilisasi ruang perkantoran pemkot sebagai pencegahan dan penularan COVID-19 di lingkup perkantoran.

Disebutkan, penyemprotan cairan disinfektan dilakukan petugas BPBD dibantu personel TNI dan Polri dengan sasaran seluruh perkantoran lingkup pemkot mulai dari Balaikota, gedung DPRD hingga kantor unit kerja lainnya.

"Penyemprotan dilakukan selama dua hari, Senin dan Selasa sehingga kami mengambil kebijakan meliburkan seluruh pegawai," ucap wawali yang memegang sementara tampuk pimpinan di pemkot setempat.

Dikatakan, pihaknya juga mengambil kebijakan terkait kehadiran pegawai selama bulan Agustus 2020 yang diatur dengan sistem 50 persen hadir di kantor dan 50 persen lain bekerja di rumah (work from home).

"Kebijakan mengurangi kehadiran pegawai di kantor untuk mencegah kerumunan dan pegawai yang masuk kantor juga diminta menjalankan protokol kesehatan," pesannya.

Sementara itu, disinfeksi perkantoran pemkot mencakup seluruh ruangan mulai dari ruang kerja wali kota, wakil wali kota dan ruang kerja sekda serta seluruh ruangan sekretariat daerah di Balaikota setempat.

Selain itu, petugas juga mendatangi gedung DPRD untuk menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh ruangan termasuk ruang rapat paripurna yang digunakan wakil rakyat sebagai ruang pengambilan keputusan dewan.

Selama penyemprotan berlangsung baik di Balaikota maupun gedung DPRD, wakil wali kota mendampingi langsung petugas untuk memastikan disinfeksi menyasar seluruh ruangan di kantor dan gedung wakil rakyat.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020