Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menyiapkan pembangunan rumah sakit tipe B sejak dimulainya pembangunan rumah sakit baru yang menelan anggaran sebesar Rp199 miliar.


Wali Kota Banjarbaru, Ruzaidin Noor di Banjarbaru, Jumat mengatakan, rumah sakit baru yang terletak di Jalan Trikora Kelurahan Guntung Manggis dibangun dengan tipe C tetapi sudah disiapkan menjadi rumah sakit tipe B.

"Tahap awal dibangun memang tipe C, tetapi kami sudah menyiapkan sarana prasarana sehingga statusnya bisa menjadi rumah sakit tipe B yang lebih lengkap baik peralatan maupun tenaga medis," ujarnya.

Ia mengatakan, fasilitas rumah sakit tipe B yang disiapkan adalah sarana medik dan penunjang seperti ruang rawat inap, ruang inap bedah sentral yakni dua mayor dan dua minor serta kamar perawatan intensif.

Dijelaskan, seluruh fasilitas menjadi rumah sakit tipe B akan dibangun diatas lahan seluas 3,8 hektare dengan luas bangunan 32.291 meter persegi yang terbagi dalam empat blok utama bangunan vertikal.

"Bangunan utama ditambah enam buah bangunan pendukung kontruksi beton bertulang dengan rangka baja dan dilengkapi instalasi listrik dari PLN yang disiapkan sesuai kebutuhan rumah sakit," ungkapnya.

Menurut dia, pihaknya berupaya meminta bantuan pemerintah pusat untuk menambah fasilitas rumah sakit sehingga bisa memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat.

Dikatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk penambahan fasilitas sehingga jika waktunya sudah tepat maka alat kesehatan yang dibutuhkan bisa diserahkan ke rumah sakit.

"Koordinasi dengan Kemenkes terkait penambahan peralatan sudah dilakukan, tetapi kami tidak meminta peralatannya sekarang karena fisik belum selesai. Jika semua rampung baru peralatan diminta," ujarnya.

Disisi lain, kata dia, pihaknya juga belum merekrut dokter spesialis untuk mendukung peningkatan status rumah sakit tipe B karena bangunan rumah sakit yang ditargetkan selesai secara keseluruhan Agustus 2015.

"Jika seluruh fisik bangunan selesai dan fasilitas penunjang seperti ruang perawatan sudah siap, baru direkrut dokter spesialis yang akan mengisi kebutuhan dokter sehingga mereka bisa langsung bekerja," katanya.

Pembangunan rumah sakit baru pengganti rumah sakit lama yang dikerjakan PT Adhi Karya (Persero) Tbk selama 14 bulan dilaksanakan sejak Mei 2014 dan ditarget selesai pada Agustus 2015.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014