Pemerintah Kota Banjarmasin, di provinsi Kalimantan Selatan, merencanakan mengganti jembatan yang menggunakan kontruksi kayu ulin dengan kontruksi beton, karena usianya sdudah cukup lama.

Kepala dinas Bina Marga kota Banjarmasin Nurul Fajar Desira, Senin(18/4) mengungkapkan, jembatan-jembatan yang akan diperbaiki adalah jembatan yang menggunakan kayu ulin sebagai bahan utamanya.

Fajar menerangkan, misalkan, jembatan di Jalan Sulawesi, Sungai Baru, Pemurus, dan di kawasan Rawa Sari harus segera diganti.

Karena jembatan-jembatan tersebut tidak mampu bertahan lama, apalagi jika sering dilewati kendaraan yang memiliki beban berat.

Lebar sejumlah jembatan tersebut juga dinilai sudah tidak sesuaidengan standar dan kondisi sekarang.

Ketinggian jembatanpun juga akan disesuaikan, jika jembatan tersebuttidak dilintasi kapal, maka jembatan tidak akan terlalu tinggi.

Namun jika jembatan akan dilewati kapal yang cukup besar makajembatan akan disesuaikan.

"Dari sejumlah jembatan di Banjarmasin yang akan diperbaiki dandiganti dengan bangunan beton, beberapa diantaranya dimiliki dandidanai oleh pemerintah provinsi, namun Pemkot Banjarmasin siapmenganggarkan dana untuk pembebasan lahan" ungkap Fajar Desira.

Rencananya, ujar dia, semua jembatan tersebut akan diganti dengan Bahanbeton yang didesain tahan hingga seratus tahun.eet*C

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011