Ada yang menarik dalam kunjungan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian di Bumi Lambung Mangkurat.
Selain menyatakan apresiasi dan penghargaan kepada Kota Banjarmasin dan Kabupaten Balangan, ia juga menyatakan kegiatan Pilkada 2020 bisa dijadikan sarana untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19, caranya, dengan menggaungkan tema peran kepala daerah dalam penanganan Covid-19 beserta dampak sosial-ekonominya.

Tak hanya itu, Tito juga ingin adanya kerja sama Pemerintah, Pemerintah Daerah (Pemda) dan masyarakat untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Di negara demokrasi apalagi desentralisasi seperti Indonesia memerlukan kerja sama antara Pemerinah Pusat, Pemda dan semua elemen masyarakat termasuk semua masyarakat, agar mereka tidak saling menulari dengan prinsip yang sebetulnya kita sudah tahu, seperti pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, menghindari kerumunan sosial,” katanya saat konferensi pers usai Rakor Kesiapan Pemilihan Pilkada Serentak Tahun 2020 dan Pengarahan Gugus Tugas Covid-19 di Provinsi Kalimantan Selatan di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Sabtu .

Masih menurut Tito, Pilkada 2020 harus menjadi momentum yang bisa menekan Covid-19. “Covid-19 ini adalah pandemi, penularan, namanya penularan itu terjadi diantara masyarakat, maka puncaknya adalah bagaimana mengendalikan masyarakat supaya tidak saling menulari,” jelasnya.
Dengan berkolaborasi bersama untuk menekan penularan Covid-19 terutama dalam momentum Pilkada, diharapkan Covid-19 dapat ditangai secara efektif.

Terlebih, pelaksanaan setiap tahapan Pilkada dilaksanakan harus dengan protokol kesehatan, sesuai Peraturan KPU maupun Peraturan Bawaslu. “Nah momentum Pilkada adalah momentum yang bisa menggerakkan seluruh kontestan termasuk kepala daerah yang bertanding nanti, 270 wilayah, termasuk di Kalsel ini 9 di antaranya adalah pemilihan tingkat provinsi, kota, kabupaten ada 8, ini semua bergerak maksimal, maka tema yang diangkat adalah peran kepala daerah dalam penanganan Covid-19 dan dampak sosial ekonominya,” ujarnya.
Rakor Kesiapan Pemilihan Pilkada Serentak Tahun 2020 dan Pengarahan Gugus Tugas Covid-19 di Provinsi Kalimantan Selatan di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Sabtu . (Antaranews Kalsel/prokom/hasan z) /
Seperti diketahui, Mendagri Muhammad Tito Karnavian berkunjung ke Bumi Lambung Mangkurat dalam rangka Rakor Kesiapan Pemilihan Pilkada Serentak Tahun 2020 dan Pengarahan Gugus Tugas Covid-19 di Provinsi Kalimantan Selatan,

Dalam kesempatan itu, ia juga memberikan apresiasi kepada dua kota di Provinsi Kalsel yang dinilai telah mencapai angka 100 persen dalam menyaluran NPHD untuk anggaran KPU, Bawaslu dan keamanan.

Selain menyerahkan penghargaan kepada Kota Banjarmasin dan Kabupaten Balangan berupa satu unit ATM Dukcapil, yang bisa digunakan seluruh lapisan masyarakat kota berjuluk seribu sungai, mempercepat proses pembuatan E-KTP perpanjangan tangan Disdukcapil,

Ia juga menyerahkan Buku Pedoman Penanganan Covid-19 kepada para kepala daerah tersebut. “Ini apresiasi juga dari Kemendagri untuk Kota Banjarmasin yang sudah merealisasikan NPHD 100 persen untuk KPU, Bawaslu dan keamanan. Dan beliau (Mendagri) memberikan reward kepada Kota Banjarmasin bersama dengan Kabupaten Balangan, berupa mesin semacam ATM, untuk pembuatan KTP yang bisa di tempatkan di Mall,” ucap H Ibnu Sina, usai menerima langsung penghargaan tersebut dari Mendagri

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020