Martapura, (AntaranewsKalsel) - Bupati Banjar, Kalimantan Selatan, bertekad untuk mempertahankan prestasi diperolehnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pengelolaan keuangan pemerintah daerah setempat.


"Tekad kami bersama seluruh jajaran pemkab mempertahankan opini WTP dan meningkatkan pengelolaan keuangan supaya semakin baik dan memenuhi persyaratan pengelolaan keuangan," kata Bupati Banjar Khairul Saleh di Martapura, Senin.

Ia mengatakan, opini WTP yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan merupakan pintu masuk bagi daerah agar lebih profesional mengelola keuangan sesuai standar akuntasi pengelolaan keuangan yang ditetapkan pemerintah.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya dibantu seluruh jajaran Pemkab Banjar berupaya dan bekerja lebih keras dalam mengelola keuangan dan aset daerah sehingga memenuhi standar yang telah ditetapkan tersebut.

"Prestasi meraih opini WTP justru menjadi tantangan bagi Pemkab Banjar untuk mempertahankannya di tahun-tahun mendatang dengan terus memacu kinerja aparatur secara profesional," ungkapnya.

Menurut dia, mempertahankan prestasi yang telah diraih merupakan beban cukup berat sehingga pihaknya akan mencurahkan segenap pemikiran dan tenaga yang profesional untuk mengelola keuangan daerah.

Dikatakan, pihaknya juga memberikan apresiasi terhadap kinerja, kerja sama dan kekompakan seluruh satuan kerja perangkat daerah mulai pimpinan hingga staf sehingga bisa meraih opini terbaik dari BPK.

"Kami minta pimpinan SKPD dan unit kerja terkait memberikan bimbingan terus menerus tentang pengelolaan keuangan daerah kepada staf yang menjadi bagian sistem kerja," pesannya kepada seluruh pimpinan SKPD.

Ditekankan, hal itu bermanfaat untuk mencegah terjadinya kesalahan prosedur dalam pengelolaan keuangan daerah melalui sistem kerja yang memenuhi standar dan sesuai peraturan serta ketentuan yang berlaku.

Seperti diketahui, BPK RI Perwakilan Kalsel memberikan opini WTP terhadap pengelolaan keuangan Pemkab Banjar tahun 2013 karena dinilai berhasil melaksanakan pengelolaan keuangan sesuai standar dan peraturan.

Prestasi tersebut mendapat apresiasi dari Kepala BPK RI Perwakilan Kasel Suyatna yang mengharapkan, Pemkab Banjar didukung seluruh jajaran terus berusaha dan bekerja keras mempertahankan opini WTP itu.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014