Pasangan Bakal Calon Bupati dan Bakal Wakil Bupati Balangan, H Abdul Hadi - Supian (HAS) menyatakan kesiapan untuk untuk mendukung Program Balangan Kompeten, setelah menyimak program bincang tokoh Youtube Channel YesS BePe dengan menghadirkan Ketua Balangan Kompeten.

Bakal Calon Bupati Balangan H Abdul Hadi, di Paringin, Selasa (14/7), mengatakan berdasarkan pandangan pasangan HAS, program Balangan Kompeten sangat potensial dalam pengembangan Sumber Daya Manusia Balangan, melalui kursus dan pelatihan kerja.

"Kami merasa prihatin ternyata Program Balangan Kompeten yang berdiri sejak tahun 2018 tidak didukung dengan penganggaran APBD maupun dana CSR Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan," katanya, saat dimintai keterangan melalui sambungan telepon.

 


Baca juga: Polresta Banjarmasin gelar lomba simulasi pengamanan Pilkada

Dijelaskan dia, padahal Program Balangan Kompeten ini sangat mendukung Pemkab Balangan dalam pengembangan SDM  Balangan melalui Pelatihan Kerja, menyiapkan tenaga kerja siap pakai tersertifikasi secara nasional, baik untuk bekerja di dunia usaha atau industri, bahkan untuk berwirausaha.
.
Jika nantinya pasangan HAS diberikan amanah oleh masyarakat Kabupaten Balangan, maka pasangan HAS  akan mendukung terlaksananya optimal Program Balangan Kompeten, termasuk dalam penganggarannya.

Penganggaran tersebut melalui, antaralain pengalokasian anggaran Program Balangan Kompeten melalui APBD dan CSR, pemberian bantuan peralatan praktek kepada lembaga pelatihan kerja pendukung Program Balangan Kompeten agar pelaksanaannya maksimal.

Baca juga: Pengamat: Keputusan tepat pemerintah gelar pilkada

Pengalokasian program Pendidikan Kecakapan Kerja dan sertifikasi dengan tujuan agar masyarakat mampu bersaing dengan tenaga kerja luar Balangan, terutama kecakapan dalam mengemudi, menjahit dan komputer.

"Juga untuk penganggaran Program Pendidikan Kewirausahaan untuk menumbuhkan wirausaha-wirausaha baru, terutama UMKM sehingga perekonomian mikro dan makro di Balangan agar tumbuh dan berkembang tidak hanya mengandalkan dari sektor pertanian saja," katanya.

Ditambahkan dia, pastinya dukungan pihaknya tersebut akan dioptimalkan, sehingga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat baik dari perkotaan sampai dengan masyakat pelosok di Kabupaten Balangan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020