Martapura,  (Antaranews Kalsel) - Komplek pengajian Sekumpul, Kota Martapura, Kalimantan Selatan, dipenuhi ribuan jemaah yang mengikuti peribadatan Nisfu Sya`ban atau malam pertengahan bulan Sya`ban sebelum Ramadhan.


Pantauan Antara, Kamis malam, ribuan jemaah yang berasal dari Kota Martapura, Banjarbaru, Banjarmasin, maupun kota lainnya di Kalsel mulai berdatangan ke ibukota Kabupaten Banjar itu sejak Sore sebelum Maghrib.

Jemaah datang bergelombang untuk mengikuti peribadatan di Mushola Ar Raudhah yang dikenal luas karena di tempat itu dimakamkan ulama besar Kota Martapura maupun Kalsel yakni KH Muhammad Zaini Abdul Ghani.

Sebagaimana diketahui, ulama besar yang akrab disapa Guru Sekumpul merupakan ulama yang memiliki banyak jemaah fanatik sehingga mereka memenuhi komplek pengajian itu bertepatan malam Nisfu Sya`ban.

Selain memenuhi ruang induk Mushola Ar Raudhah yang mampu menampung ratusan orang, jemaah yang rata-rata mengenakan baju muslim atau baju koko warna putih juga memenuhi halaman mushola yang cukup luas itu.

Bahkan, jemaah yang tidak kebagian tempat di ruang induk dan halaman mushola, rela menggelar sejadah dan alas shalat lainnya hingga ke Jalan Sekumpul Raya sehingga arus lalu lintas dialihkan.

Salah seorang jemaah Abdullah mengatakan, jumlah jemaah baik laki-laki maupun perempuan yang mengikuti peribadatan malam Nisfu Sya`ban di Komplek Pengajian Sekumpul lebih banyak dibanding tahun lalu.

"Jumlah jemaah lebih banyak dibanding tahun lalu dan jumlahnya bukan lagi ribuan tetapi diperkirakan mencapai belasan ribu karena ratusan meter Jalan Sekumpul Raya dipenuhi jemaah," ujar warga Martapura itu.

Dikatakan, peribadatan Nisfu Sya`ban diawali shalat Maghrib berjamaah yang dipimpin imam tetap Mushola Ar Raudhah Guru Haji Sa`duddin Salman KH dilanjutkan membawa surah Yasin sebanyak 3 kali.

Kemudian dilanjutkan shalat sunnat tasbih dua rakaat diakhiri shalat Isya` dimana seluruh rangkaian ibadah itu diikuti seluruh jemaah yang datang sejak sore hari hingga menjelang Maghrib.

Untuk diketahui, Kota Martapura yang dikenal dengan sebutan Serambi Mekah Kalsel merupakan daerah yang religius dan agamis terutama di Kelurahan Sekumpul karena adanya makam ulama besar itu.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014