Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kodam VI Mulawarman menggelar Bakti Sosial Bidang Kesehatan Skala Besar di Kalimantan Selatan melibatkan 3.377 warga tidak mampu.


"Sebanyak 3.377 warga tidak mampu menikmati layanan kesehatan gratis, 1.300 diantaranya berupa operasi katarak," kata  Kepala Staf Angkatan Darat  Jenderal TNI Budiman dalam sambutannya sebelum membuka Bakti Sosial Skala Besar Kodam VI Mulawarman dan pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan di RS Dr Suharjono Banjarmasin, Senin (9/6).

Kegiatan bakti sosial yang disenggarakan Kodam VI/Mulawarman itu mendapat dukungan penuh Sinar Mas Group melalui program CSR-nya.

“Kami mengupayakan program CSR dapat berlangsung sinergis, melibatkan berbagai pilar bisnis Sinar Mas khususnya yang berada di wilayah Kalimantan Selata, sekaligus mengedepankan produk serta merek andalan kami,” kata President Director PT Golden Energy Mines Tbk. (PT GEMS Tbk) Fuganto.

Perusahaan di bawah naungan PT GEMS Tbk. yang terlibat dalam kegiatan ini adalah PT Borneo Indobara (PT BIB) yang mengelola areal pertambangan di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan dengan nilai bantuan sebesar Rp 15 miliar.

PT BIB mendistribusikan 4.000 paket sembako bagi warga kurang mampu berupa minyak goreng serta beras disamping itu juga diserahkan sebanyak 50 buah kaki palsu bersama Kick Andy Foundation. 

Masih bersama Kick Andy Foundation, Asia Pulp & Paper (APP) turut mewakafkan 500 mushaf Al Quran terkait menjelang bulan Ramadhan. 

“Seluruh pilar bisnis yang terlibat berupaya agar bantuan yang diberikan dapat menyentuh tidak saja sisi jasmani, namun juga sisi rohani para penerima,” ujar Fuganto.

Ribuan warga mengikuti kegiatan yang memberikan beragam pelayanan medis, mulai dari operasi katarak, bibir sumbing, hernia, khitanan masal, pengobatan umum dan gigi, donor darah, hingga pelayanan keluarga berencana dengan melibatkan 3.377 warga kurang mampu.

"Hal ini merupakan atensi terhadap masalah kesehatan dan kependudukan di Kalsel," kata  Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Ariffin .

Selain dukungan pelaksanaan bakti sosial skala besar, Sinarmas Group melalui PT BIB juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman kegiatan pembangunan infrastruktur sosial yang bersifat nirlaba untuk perbaikan rumah negara di jajaran TNI AD yang tidak layak huni bersama Panglima Kodam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Dicky W. Usman dan empat unit kendaraan bagi jajaran Korem 101/Antasari. 

Sebelumnya, Sinar Mas juga berpartisipasi dalam kegiatan sejenis bersama Markas Besar TNI AD dan Kementerian Pertanian di Kabupaten Subang, Jawa Barat (14/5) dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia.

Dan bantuan rehabilitasi rumah dinas melalui program Perbaikan Rumah Negara di jajaran TNI AD yang tidak layak huni, sebelum ini telah dilakukan di wilayah kerja Kodam VII/Wirabuana, Kodam IV/Diponegoro dan Kodam VI/Mulawarman dengan keseluruhan nilai dukungan sebesar Rp20 miliar.

Pada 3 April lalu, turut mendukung pelaksanaan Ekspedisi NKRI Koridor Maluku & Maluku Utara 2014 yang digelar oleh Kopassus. 

Dibidang pendidikan, sejak tahun 2010 Sinar Mas melalui Eka Tjipta Foundation merintis kerja sama beasiswa bagi keluarga besar Kodam Jaya yang mengirimkan para penerimanya ke sejumlah perguruan tinggi negeri. 

Sinar Mas melalui PT Sinar Mas Agro Resources & Technology Tbk. (SMART) dengan dukungan pilar bisnis lain selama ini aktif terlibat dalam berbagai operasi pasar serta bazaar, utamanya di pulau Jawa dan sebagian Sumatera.

Sejak tahun 2005 Sinar Mas telah menyalurkan sekitar 30 juta liter minyak goreng bagi warga masyarakat di berbagai kota.

Pencapaian tadi pada tahun 2008 diapresiasi Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) dalam bentuk penghargaan sebagai perusahaan yang konsisten dan berkesinambungan menyelenggarakan pasar murah minyak goreng. 

Wakaf mendapat dukungan dari Asia Pulp & Paper (APP) dimana seluruh Al Quran yang diwakafkan diproduksi menggunakan Sinar Tech atau lebih dikenal dengan Quran Paper (QPP) jenis kertas yang dikembangkan APP melalui PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Tangerang guna memenuhi kebutuhan umat muslim akan kertas berkualitas dengan tekstur dan kualitas cetak khusus.

Sinar Mas dengan dukungan pilar bisnisnya, sepanjang lima tahun terakhir telah mewakafkan lebih 70 ribu Al Quran diberbagai kota, bagi lembaga pendidikan, organisasi kemasyarakatan serta potensi masyarakat lainnya./A  

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014