Telkomsel Banjarmasin menghadirkan jaringan 4G di Pantai Angsana sebagai bentuk dukungan pariwisata di Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Kami terus mendukung pemerintah Kalsel untuk memajukan pariwisata salah satunya di Pantai Angsana Kabupaten Tanah Bumbu," ucap Manager Network Service Telkomsel Banjarmasin Fredy Siswanto di Banjarmasin, Jumat.

Dikatakannya, secara khusus Telkomsel telah memperkuat jaringan broadband 4G. Hal ini untuk mendukung dan mendorong terbentuknya ekosistem digital di lokasi tersebut.

Pantai Angsana terletak di Kecamatan Angsana Tanah Bumbu Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel, dengan jarak tempuh sekitar 5 jam perjalanan darat dari Kota Banjarmasin.

Lokasi pantai yang berada di belakang perkebunan kelapa sawit ini merupakan salah satu tujuan wisata yang tergolong baru namun sudah mulai dikembangkan oleh pemerintah setempat sehingga semakin ramai dikunjungi, terutama wisatawan lokal.
Wisatawan lokal saat berada di pinggiran Pantai Ansana, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel. (ANTARA/Gunawan Wibisono)


Pantai ini cukup bersih dengan salah satu objek wisata yang menarik di sini adanya snorkeling dan selam scuba sehingga dapat melihat keindahan terumbu karang.

Fredy juga menjelaskan bahwa perilaku komunikasi wisatawan kini sudah bergeser‎ di mana penggunaan layanan data untuk mengunggah foto dan video di tempat wisata lebih dominan dibandingkan penggunaan layanan SMS maupun suara.

Selain itu, wisatawan juga seringkali memanfaatkan layanan data untuk melakukan perjalanan mulai dari mencari informasi tempat wisata, pesan tiket, maupun melakukan pembayaran secara online.

Sementara itu, beberapa warga sekitar menyampaikan bahwa hadirnya jaringan 4G Telkomsel di lokasi ini turut membantu masyarakat setempat untuk kelancaran akses data terkait aktivitas daring, termasuk juga para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Angsana.

"Telkomsel akan terus berupaya memberikan layanan terbaik bagi masyarakat dan pelanggan kami, saat ini kami fokus untuk membangunn lebih banyak BTS dengan jaringan broadband," ujarnya.

Untuk diketahui, hingga saat ini Telkomsel telah membangun lebih dari 4.700 BTS di Kalimantan Selatan, di mana lebih dari 3.100 BTS di antaranya merupakan BTS 4G dan 3G.

Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Tanah Bumbu sendiri saat ini telah terlayani jaringan Telkomsel dengan 483 BTS, demikian Fredy.

Pewarta: Gugun

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020