Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, Rudy Resnawan teringat masa kecil saat masih bersekolah di Kota Paringin, salah satu dari kota kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur sat memberikan sambutan pada peringatan HUT Kabupaten Balangan ke-8 di halaman kantor Bupati setempat, Rabu (13/4)

"Saya senang memandang Kota Paringin dari puncak bukit dan mengkhayalkan keindahannya bak seorang putri yang sedang tidur," ujarnya.

Ia mengatakan, kini putri yang sedang tidur itu telah bangun dan bersolek hingga kecantikannya tak kalah dengan putri-putri dari kabupaten lain di Kalsel.

Selama kurun waktu delapan tahun usia Balangan yang relatif masih muda, sudah dapat menunjukkan tingatan pembangunan yang pesat.

"Pembangunan infra struktur dapat dilihat dengan jelas peningkatan dan pengembangannya. Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Balangan juga mengalami peningkatan," katanya.

IPM merupakan gambaran komprehensif mengenai tingkat pencapaian pembangunan manusia di suatu daerah sebagai dampak dari kegiatan pembangunan yang dilakukan daerah tersebut.

Pengembangan angka IPM memberikan indikasi peningkatan atau penurunan kinerja pembangunan manusia pada suatu daerah.

IPM diambil berdasarkan data Sensus Ekonomi Nasional (Susenas) yang menggabungkan tiga aspek penting sebagai indikator tunggal, yaitu peningkatan kualitas fisik atau kesehatan, intelektualitas atau pendidikan dan kemampuan ekonomi atau daya beli seluruh komponen masyarakat dalam kurun waktu tertentu.

"Berdasarkan ketiga indikator tunggal tersebut diketahui pencapaian angka IPM di Balangan sebesar 65,60, lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 65,13.

"Hal itu berarti telah terjadi peningkatan kinerja pembangunan manusia di Kabupaten Balangan," tambanya.

Berdasarkan data BPS Balangan diketahui Angka Harapan Hidup masyarakat Balangan 2008 adalah 61,36 yang artinya penduduk setempat sejak dilahirkan memiliki kemungkinan hidup hingga berusia 61,36 tahun.
    
Untuk Angka Melek Huruf yang termasuk dalam aspek intelektualitas atau pendidikan, di Balangan 2008 lalu tercatat sebesar 94,90 persen dengan rata-rata lama sekolah 6,30 tahun.
    
Sedang Pengeluaran Per Kapita yang termasuk dalam aspek kemampuan ekonomi masyarakat Balangan pada 2008 lalu sebesar 614,93.

Laju Pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Balangan sebesar 1,34 dan tercatat lebih tinggi dari periode sebelumnya yang hanya 0,85 atau telah terjadi peningkatan.

Laju Pencapaian per tahun suatu daerah menunjukkan perbandingan antara pencapaian yang telah ditempuh dengan capaian yang masih harus di tempuh untuk mencapai titik ideal.
    
Namun untuk Laju Pencapaian Balangan lebih tinggi dibandingkan Kabupaten Barito Kuala yang hanya mencapai 0,58.*C

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011