Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menyerahkan beragam jenis bantuan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten HSS, bantuan diserahkan baik untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kepala Dinas Pendidikan HSS Siti Erma, di Kandangan, Jum'at (19/6), mengatakan penyerahan berbagai hibah dan bantuan tersebut ditandai dengan dilakukan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) dan Berita Acara Serah Terima (BAST) oleh Bupati HSS dan para penerima.

"Bantuan diberikan untuk jenjang PAUD dan Dikmas wilayah Kecamatan Kandangan seperti Bantuan Operasional Pendidikan(BOP) PAUD dan pendidikan kesetaraan tahap pertama sebesar Rp660 juta kepada Yayasan PAUD Islam Terpadu (IT) Qurrata A’yyun," katanya, dalam laporan.

Selanjutnya, bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan kesetaraan tahap I sebesar Rp525.300.000,- kepada TK Pembina, dan bantuan alat tulis warga belajar sebanyak 273 paket, bantuan peralatan komputer  sebanyak 20 unit, satu unit server dan UPS dengan total dana sebesar Rp186.950.000,-.

Baca juga: Insentif daerah HSS Rp687,5 juta untuk ustadz-ustadzah dan mahasiswa berprestasi

Bantuan pembangunan rehabilitasi jenjang SD wilayah Kandangan dengan total dana sebesar Rp685 juta, dan bantuan meubeler guru SD wilayah Kecamatan Kandangan sebanyak 16 paket dengan dana sebesar Rp12 juta.

Sedangkan untuk jenjang SD dan SMP seperti, bantuan peralatan komputer untuk SMPN 2 Kandangan, pembangunan rehabilitasi SD di wilayah Kecamatan Kandangan sampai bantuan meubeler jenjang SD.

Penyerahan pertama di TK Negeri Pembina Kandangan, diserahkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik, bantuan meubeler berupa meja, kursi siswa, guru dan atau lemari kelas binaan SKB.

Kemudian, dana BOP PAUD dan Pendidikan Kesetaraan tahap pertama, serta alat tulis warga belajar pendidikan kesetaraan, dan dilanutkan di Aula SMPN 2 Kandangan, diserahkan DAK sampai Meubelair untuk jenjang SD dan SMP bagi wilayah Kecamatan Kandangan.

Baca juga: Antisipasi penularan Corona, guru di HSS tidak perlu absensi ke sekolah

Bupati HSS Achmad Fikry, mengatakan semua bantuan diberikan berasal dari DAK, karena dimasa pandemi COVID-19 ini, semua dana pemerintah itu di tarik, kecuali DAK untuk bidang kesehatan dan pendidikan.

“Pendidikan pun menyangkut olahraga dan perpustakaan juga ditarik, sebab inilah dana kita sekarang disiapkan untuk menangani pandemi COVID-19,” katanya.

Menurut dia, bantuan dana diberikan agar dikelola dengan baik dan dipertanggungjawabkan sesuai ketentuan, karena penggunaan DAK itu sangat menentukan untuk pencairan tahap berikutnya.

Ditambahkan dia, Pemkab HSS terus mempersiapkan pendidikan mulai sejak dini dan patut disyukuri kesadaran warga cukup tinggi untuk menyekolahkan anaknya sejak usia dini, dan Pemkab HSS melalui kebijakan DAK non fisik telah memberikan dana operasional bagi sekolah.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020