Sebanyak sembilan orang tenaga kesehatan (nakes) yang bekerja di Puskesmas Haruyan dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 setelah hasil test swab atau test usap keluar pada Kamis (18/6).

"Dengan bertambahnya pasien yang terkonfirmasi positif berasal dari Puskesmas Haruyan, maka penutupan pelayanan kesehatan itu kami perpanjang," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas HST, Sakdillah.

Menurut Sakdillah, Puskemas Haruyan memang telah ditutup hampir 2 minggu karena sebelumnya ditemukan 2 orang yang dinyatakan positif.

"Dengan bertambahnya nakes yang positif dari hasil swab hari ini, maka otomatis penutupan pelayanan diperpanjang dengan batadan waktu yang tidak ditentukan," kata Sakdillah.

Ditambahkannya, untuk pelayanan kesehatan untuk masyarakat sekitar dipindahkan ke Puskesmas terdekat yaitu Puskesmas Barikin dan Puskesmas Pantai Hambawang di Kecamatan LAS.

Tertanggal 18 Juni 2020 pukul 16.00 wita, kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melonjak menjadi 28 orang.

Penambahan terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut menurut Sakdillah adalah sebanyak 10 orang dan 9 diantaranya merupakan tenaga kesehatan yang bekerja di Puskesmas Haruyan.

Sedangkan pasien yang sembuh hari ini bertambah dua orang, sehingga total menjadi tujuh orang.

PDP sebanyak 4 orang dan dalam perawatan 21 orang. Untuk yang berstatus ODP sebanyak 7 orang.

Hari ini juga dilaporkan satu orang pasien yang berstatus PDP meninggal dunia.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020