Di tengah pandemi COVID-19 yang melanda seluruh Indonesia termasuk Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), empat pemuda dari Kota Barabai ini justru sukses memanfaatkan peluang dengan jualan masakan daging barbeque (BBQ) ala Korea berlabel Zabasa Barbeque Barabai.

"Kami memanfaatkan masyarakat yang saat ini 'stay at home' namun ingin makan enak dengan keluarga. Kami sediakan jasa pengantaran menu daging yang diinginkan beserta bumbu, grill pan, kompor dan cara masaknya. Jadi pelanggan bisa memasak sendiri di rumah," kata Owner Zabasa Barbeque Barabai, M Rijali Rahman, Jum'at (12/6) di Barabai.

Bersama ketiga temannya yang berstatus guru honorer yaitu M Syarif, M Herman dan Abdul Basit itu, mereka memberanikan diri untuk membuka usaha rumahan secara online dengan menu makanan mewah restoran seperti di film drama korea (drakor) namun dengan harga yang relatif murah.

"Sejak dua minggu yang lalu, kami buka secara online, alhamdulillah selalu full dipesan siang dan malam," kata Rijali yang merupakan salah seorang tenaga kontrak di sebuah instansi pemerintah itu.

Menurutnya, Zabasa Barbeque Barabai menawarkan berbagai menu daging diantaranya shortplate beef, sirloin beff, tenderloin beff, wagyu cube dan berbagai sosis yang dagingnya bersertifikat halal.

"Berbagai menu itu juga bisa dipesan dengan berbagai paket keluarga diantaranya Paket Coba-coba dari harga Rp 180 ribu hingga Rp 300 ribu sudah komplit dengan alat masaknya," kata Rijali bersama temannya yang sama-sama pernah satu kost saat kuliah di Universitas Lambung Mangkurat jurusan pendidikan itu.

Selain itu, pihaknya juga menawarkan Paket Family dari harga Rp 500 ribu hingga Rp 560 ribu.
 
Menu Zabasa Barbeque Barabai (Antaranews Kalsel/M Taupik Rahman)

"Daging yang kami sediakan untuk per paketnya itu mulai dari 500 gram hingga 2 kilogram dan sudah komplit dengan bumbu, sambal serta kualitas selada yang selalu segar dan sehat. Karena selada kami tanam sendiri melalui sistem hidroponik," kata Rijali.

Saat ditanya berapa omset per harinya, Rijali menjelaskan, saat awal merintis hanya mempunyai 2 alat masak yang disewakan.

"Namun ternyata, antusias masyarakat HST begitu tinggi terhadap menu makanan kami tawarkan yang tergolong baru di Kota Barabai. Hingga pesanan semakin banyak dan akhirnya menambah hingga saat ini menjadi 8 alat masak," katanya.

Diakui Rijali, kalau semua alat masak itu disewa beserta bahan makanannya secara komplit, rata-rata omset per harinya mencapai Rp 1 juta dan pemasarannya saat ini sudah sampai Kabupaten tetangga yaitu HSS dan Balangan.

Selain mendapatkan makanan lezat dengan kualitas daging yang tinggi, pesan di Zabasa Barbeque Barabai juga bisa berbagi. Karena menurutnya, sebagian hasil penjualan akan didonasikan untuk warga yang kurang beruntung.

"Untuk pemesanan, bisa menghubungi nomor WA 081351355258 atau kunjungi akun instagram kami @Zabasa_barbeque_brb Karena ada give away menarik serta alamat kami di Jalan M Ramli, Kitun Barabai, masuk gang Hijrah sekitar 100 meter," tuntasnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020